Home > Berita > Umum

Pasien ODP Corona Kabur dari Isolasi Rumah Sakit di Sidikalang, Direktur RSUD Malah Suruh Wartawan yang Cari

Pasien ODP Corona Kabur dari Isolasi Rumah Sakit di Sidikalang, Direktur RSUD Malah Suruh Wartawan yang Cari

Ilustrasi. (MEDCOM.id)

Sabtu, 28 Maret 2020 10:39 WIB

SIDIKALANG, POTRETNEWS.com — Pihak RSUD Sidikalang dihebohkan kaburnya laki-laki berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) Virus Corona atau Covid-19 dari ruang isolasi, Jumat (27/3/2020).

ODP ini adalah keluarga pasien positif Covid-19 dari Sidikalang, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Tindakan tegas terhadap ODP ini, berupa pengasingan di dalam ruang isolasi, diambil segera setelah keluarganya terkonfirmasi positif Corona, Rabu (26/3/2020).

”Iya, betul. Sudah kabur, enggak ada lagi di ruang isolasi. Diduga kabur lewat jendela kamar mandi," kata sumber di RSUD Sidikalang, yang enggan diungkap identitasnya.

Menurut sumber, ODP tersebut diketahui hilang dari ruangan kira-kira pukul 16.00 WIB. Sebelum ditemukan hilang dari ruang isolasi, ODP tersebut mengeluh bosan dan berbagai alasan lainnya.

”Ngamuk-ngamuklah intinya. Yang sempat saya ingat salah satunya, dia mengeluh enggak ada yang beri makan ternaknya di rumah,” kata sumber mengakhiri.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Sidikalang, Surung Charles Bancin mengaku tidak tahu-menahu soal pasien isolasi mereka telah kabur. Surung malah menyarankan awak media untuk ikut mencari.

”Datangi aja rumahnya. Saya sendiri di rumah seharian ini, enggak keluar-keluar," ucap Surung enteng.

Sebagaimana telah diberitakan tribunnewscom, seorang warga Sidikalang, Kabupaten Dairi, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Orang tersebut sebelumnya menyandang status pasien dalam pengawasan (PDP) dan dirawat di RSUP H Adam Malik, Medan.

Jubir Penanganan Covid-19 Pemkab Dairi, Edison Damanik mengatakan, warga Dairi PDP yang dirawat di RSUP H Adam Malik Medan sejak 17 Maret 2020, telah terkonfirmasi positif oleh Dinas Kesehatan Sumut.

”Berdasarkan hasil lab, positif Corona. Kami terima konfirmasi status positifnya tadi malam," ucap Edison, Kamis (26/3/2020) petang. Edison mengatakan, pasien tersebut kini masih dirawat di RSUP H Adam Malik.

Pemkab Dairi, sambungnya, kini berupaya melacak kontak erat dengan pasien. Edison mengimbau masyarakat Dairi untuk konsisten melakukan isolasi mandiri.

”Kami menganjurkan bagi orang yang merasa pernah kontak erat dengan pasien untuk isolasi diri selama 14 hari. Jika mengalami gejala mirip covid-19, segera melaporkan diri ke puskesmas terdekat," ujar Edison mengakhiri.

Tribun Medan sebelumnya memberitakan, satu perempuan 40 tahun asal Desa Belangmalum, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi terindikasi Covid-19. Ia baru saja pulang dari Malaysia dan mengalami gejala klinis Covid-19. Jubir Penanganan Covid-19 Pemkab Dairi, Edison Damanik mengatakan, perempuan ini datang dari Malaysia tanggal 11 Maret 2020 lalu. Pasien selama ini bekerja di Malaysia dan kembali ke Indonesia karena berhenti bekerja. ***

Berita ini telah terbit di tribunnews.com dengan judul ”Pasien ODP Corona Kabur dari Isolasi RSUD Sidikalang, Ternyata Keluarga dari Pasien Positif Covid-19”

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww