PotretNews.com Sabtu 28 Maret 2020
Home >  Berita >  Bengkalis

Cegah Corona, Pelabuhan BSL dan Pasar Terubuk Bengkalis Disemprot Disinfektan

Cegah Corona, Pelabuhan BSL dan Pasar Terubuk Bengkalis Disemprot Disinfektan

Dari kanan ke kiri; Kasdim Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto, Sekretaris Dishub Zul Asri, Kaban Kesbangpol Hermanto Baran, dan Kepala UPT Pelabuhan BSL Syafrizam, di depan pintu masuk pelabuhan, Ahad (22/3/2020).

Minggu, 22 Maret 2020 19:05 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Lebih kurang 180 negara di dunia dinyatakan terpapar virus Corona atau Corona Virus Desease-2019 (Covid-19) termasuk Bengkalis, Riau Indonesia.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini tim gabungan melakukan penyemprotan Disinfektan di tempat umum pada Ahad (22/3/2020) pagi di Pelabuhan Bandar Sri Laksamana Jaya (BSL), Bengkalis.

Adapun tim yang telibat dalam aksi itu yakni; Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis dan Kodim 0303/Bkls yang didampingi Kepala UPT Pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL), dan Kaban Kesbangpol Kabupaten Bengkalis.

”Kami dalam hal ini memang sangat berterima kasih sekali kepada Pak Kasdim (Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto, SSos, red). Sebenarnya, kami sudah beberapa hari ini melaksanakan kegiatan, semalam dari pagi sampai sore di pelabuhan Ro-Ro baik di pelabuhan Ro-Ro Airputih (Bengkalis) maupun di Sungaiselari, Sungaipakning. Baru pada hari ini (Ahad,22/3/2020) kita melaksanakan di BSL, di BSSR (Pelabuhan Internasional Bandar Seri Setia Raja,Selat Baru) juga sudah kita laksanakan semalam juga bersama TNI dan Polri,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, H Zul Asri kepada potretnews.com, Ahad (22/3/2020) pagi sesaat setelah selesai penyemprotan disinfektan.

Zul Asri menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kegiatan penghentian atau pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Dia menyebut, penyemprotan disinfektan dilakukan secara kontinu. Artinya, aksi serupa akan dilakukan 5 hari sekali atau sepekan sekali atau sesuai dengan kebutuhan yang dirasakan dan akan dilakukan koordinasi lebih lanjut bersama Dinas Kesehatan atau sekda dengan melalui gugus-gugus tertentu.

Masih dalam bagian upaya pencegahan virus Corona, pihaknya sudah memerintahkan pengusaha untuk membantu melaksanakan penyemprotan karena bahan-bahannya sudah diberikan lengkap dengan komposisi dan cara melaksanakan yang disampaikan Dinas Kesehatan.

”Alhamdulillah, pada hari ini telah mereka laksanakan, nanti kita cek kembali mana kapal yang telah melaksanakan penyemprotan. Tapi nanti akan dicek lagi mana saja kapal yang telah melaksanakan mana yang belum melaksanakan penyemprotan ini,” ucap Zul Asri.

Dia juga menjelaskan soal warga Bengkalis yang kemarin belum bisa pulang dari Johor Malaysia setelah lockdown diberlakukan. Tapi setelah itu, melalui satu tempat, yaitu dari Kukup, Malaysia mereka akhirnya berhasil pulang ke Indonesia.

”Jadi dari Kukup, Malaysia mereka pulang ke daerah masing-masing. Dan ini juga perintah dari Pak Gubernur (H Syamsuar, red). Diharapkan kepada para penumpang ini melakukan isolasi secara pribadi paling tidak selama 14 hari atau mungkin mengunjungi pos-pos terdekat untuk melakukan check-up kesehatan," harap H Zul Asri.

Saat ditanyakan sampai kapan ditutupnya pelabuhan internasional Bandar Sri Setia Raja, Selatbaru, H Zul Asri mengatakan, belum ada waktu yang ditetapkan oleh pemerintah kapan dibuka kembali.

Sementara itu, Kasdim 0303/Bkls, Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto, SSos menyatakan, semua elemen sinergi terpadu untuk melaksanakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini.

Dia mengimbau untuk masing-masing masyarakat harus mempunyai disiplin diri dalam arti kata membatasi diri untuk di kerumunan maupun menjaga kesehatan termasuk pola makan dan disiplin dalam mencuci tangan maupun membersihkan badan

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bengkalis, H Hermanto Baran memberikan apresiasi kepada Kodim 0303 serta Dinas Perhubungan yang telah melakukan langkah-langkah antisipasi pencegahan secara dini terhadap penyebaran penularan virus Covid-19 ini.

”Kita semua berharap agar masyarakat mematuhi himbauan-himbauan yang telah disampaikan oleh pemerintah agar kita semua selamat dari penularan sehingga mata rantai penyebaran dari virus itu dapat putus sehingga daerah Kabupaten Bengkalis terbebas dari penularan virus Covid-19 ini,” ujarnya.

Didapat informasi, di hari yang sama, Polres Bengkalis melalui Polsek Bengkalis pagi harinya melakukan penyemprotan disinfektan di pasar Terubuk, Bengkalis. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Bengkalis, Umum
Loading...
www www