44 Hafiz dan Hafizah Ambil Bagian di Ajang MHQ Antarmesjid dan Musala di Kecamatan Bengkalis

44 Hafiz dan Hafizah Ambil Bagian di Ajang MHQ Antarmesjid dan Musala di Kecamatan Bengkalis

Peserta nomor undian 9 utusan Bengkalis Qur'an Center (Bequranic) saat tampil di MHQ Masjid Al Jami'atul Washliyah, Kelapapati Darat, Ahad (15/3/2020).

Selasa, 17 Maret 2020 07:18 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Hafiz dan hafizah terbaik di Kecamatan Bengkalis, Riau ambil bagian pada ajang Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) ke-2 antarmasjid dan musala.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW dan menyambut bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah.

Kegiatan yang diinisiasi Pengurus Masjid Al Jam'iyatul Washliyah Desa Kelapapati, Bengkalis akan berlangsung lebih kurang selama 4 hari diikuti sebanyak 44 orang hafidz hafidzah yang berasal dari 15 rumah ibadah.

Jumlah peserta meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya diikuti 16 peserta. Adapun cabang yang dilombakan, golongan 1 juz yang dimulai pada malam pertama, Ahad (15/3/2020) diikuti masing-masing seramai 5 orang hafiz dan hafizah. Kemudian untuk golongan 3 juz dan golongan 5 juz akan dilaksanakan pada malam berikutnya.

”Melalui kegiatan MHQ kedua ini, kita berusaha mendidik anak-anak kita sejak usia dini untuk mencintai Alquran dan lebih memahami Alquran. Adapun harapan kami kepada para peserta menjadi yang terbaik itu adalah harapan, mendapatkan rida dan keberkahan Allah SWT adalah suatu tujuan. Alhamdulillah, jumlah peserta kegiatan MHQ di tahun kedua ini karena kita membagi menjadi 3 golongan tadi,” kata Ketua Panitia, H Herpan Sanosa kepada potretnews.com, Ahad (15/3/2020) malam.

Dia mengatakan, dengan semakin banyak rumah ibadah di Kecamatan Bengkalis melaksanakan MHQ, maka akan membuat anak-anak mempunyai rasa tanggung jawab untuk tekun menghafal Alquran. Hal senada disampaikan Ketua LPTQ Kecamatan Bengkalis, Junaidi. Ajang MHQ akan membuat para penghafal Quran semakin bersemangat dan tekun.

Sementara itu, seorang dewan juri, M Affan Agustian, SKomI menuturkan, menghafal Quran tidak terlepas dari peran orang tua, karena harus ada dukungan dari dukungan dan motivasi orang tua. Dia mencontohkaan seorang hafizah berama Annisa Azzahra juga yang dibimbing oleh orang tuanya dan sendiri yang melatih ketika mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau, baru-baru ini. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww