PotretNews.com Sabtu 28 Maret 2020
Home >  Berita >  Siak

RSUD Siak Kemungkinan Bikin Masker dan Hand Sanitizer Sendiri Bulan Depan

RSUD Siak Kemungkinan Bikin Masker dan <i>Hand Sanitizer</i> Sendiri Bulan Depan

Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, dr Benny Chairuddin.

Senin, 16 Maret 2020 18:38 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Jika wabah virus corona makin meluas dan pesanan masker dan hand sanitizer tak kunjung datang, RSUD Tengku Rafian Kabupaten Siak bakal membuat sendiri dua piranti kesehatan itu bulan depan.

Sejak virus asal Wuhan merebak, stok kain penutup mulut dan hidung serta antiseptik tangan di rumah sakit milik pemerintah daerah setempat kian menipis. Bahkan, kedua perkakas kesehatan sudah mulai langka di sejumlah apotek.

”Stok tinggal beberapa kardus lagi. Dua bulan lagi stok itu akan habis. Itu pun karena hanya digunakan pegawai medis saja," kata Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, dr Benny Chairuddin kepada potretnews.com, di Siak, Senin (16/3/2020).

Sebenarnya kata Benny, pihaknya jauh-jauh hari sudah memesan kedua alat kesehatan itu. Namun, lantaran isu wabah ini sudah mulai gempar 3 bulan lalu, pesanan tidak kunjung datang dan informasinya sekitar Juni-Juli baru diproduksi.

”Itu baru diproduksi, belum dipasarkan. Dan perlu diketahui, kedua alat kesehatan itu dari China. Bahkan, 60 persen bahan farmasi di Indonesia ini dari sana. Termasuk alat tadi,” sebut Benny.

Untuk itu lanjut Benny, jalan satu-satunya membuat masker dan hand sanitizer sendiri. ”Barusan sudah kita rapatkan tentang itu. Kalau sampai akhir bulan ini masalah ini masih berlanjut, bulan depan sudah kita bikin sendiri,” ujarnya. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Siak, Umum
Loading...
www www