Home > Berita > Umum

Sudah Pegang Dokumen Master Plan dari Unindra, Pemkab Kebumen Harus Genjot Pembangunan GKK

Sudah Pegang Dokumen <i>Master Plan</i> dari Unindra, Pemkab Kebumen Harus Genjot Pembangunan GKK

Rektor Unindra bersama Tim Abdimas Unindra. (ISTIMEWA)

Jum'at, 13 Maret 2020 09:40 WIB
Roni

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Dokumen master plan (rancangan induk) Geopark Karangsambung-Karangbolong (GKK) Kebumen diharapkan dapat membantu pemkab untuk menata daerah tersebut ke arah yang lebih maju.

Untuk itu, Rektor Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) Prof Dr H Sumaryoto menyerahkan dokumen master plan kepada Bupati Kebumen Provinsi Jawa Tengah KH Yazid Mahfudz dalam rangkaian peresmian gapura Kampung Batik Desa Gemeksekti di Kebumen, Selasa (10/03/2020) lalu.

Dengan mengacu pada master plan, pihak Unindra juga berharap Pemkab Kebumen dapat mempercepat proses pembentukan kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong yang menuju kawasan destinasi wisata berkelas internasional.

”Justru yang penting ini bukan soal gapuranya, tapi dokumen master plan. Karena, program Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong itu justru memerlukan rencana induk atau master plan untuk menuju pada Geopark Global UNESCO,” ujar Sumaryoto kepada potretnews.com di ruang kerjanya, Kamis (12/03/2020).

Menurut dia, untuk ke sana perlu suatu proses persyaratan-persyaratan sebagaimana diminta oleh UNESCO. Dan itu sudah dituangkan dalam bentuk master plan.

Maka setelah master plan ini diterima oleh pemda, kata Sumaryoto, dengan sendirinya harus sudah dimulai kegiatan-kegiatan untuk memenuhi persyaratan dalam rangka geopark global.

Rancangan yang disusun oleh tim peneliti Unindra merupakan kontribusi dalam program abdimas (pengabdian masyarakat) Tridarma Perguruan Tinggi.

”Abdimas yang dikerjakan Unindra diharapkan mampu mendorong kemajuan di daerah Geopark Karangsambung-Karangbolong. Kita sudah melakukan pelatihan kepada perajin batik tentang bagaimana peningkatan mutu dan kreasi serta pemanfaatan limbah batik. Kita juga melakukan penelitian terhadap Geopark Karangsambung-Karangbolong. Unindra sudah siap dengan SDM yang ada baik itu di bidang ekonomi, arsitektur, desain, komunikasi dan lain-lain,” ujar penggemar seni wayang tersebut.

Sebagai putera daerah kelahiran Kebumen yang berkiprah di ibu kota negara, Sumaryoto mengaku diminta Pemkab Kebumen untuk berkontribusi dalam pembangunan wilayah tersebut melalui bidang pendidikan.

Dia mengaku terpanggil untuk membangun dan menggerakkan ekonomi daerah kelahirannya yang terindikasi sebagai daerah yang miskin. Ke depan, sebut dia, Unindra akan kembali membangun gapura di daerah Karangbolong Kebumen. ***

Kategori : Umum
wwwwww