PotretNews.com Selasa 31 Maret 2020
Home >  Berita >  Riau

Lebih dari 1400 Mahasiswa Lulus Co-op di PT CPI sejak Dimulai 2006

Lebih dari 1400 Mahasiswa Lulus Co-op di PT CPI sejak Dimulai 2006

General Manager Corporate Affair Sukamto Tamrin (tiga dari kiri) memberikan sertifikat penghargaan kepada perwakilan peserta.

Jum'at, 13 Maret 2020 19:33 WIB
Akham Sophian

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dimulai sejak 2006, Program Belajar Bekerja Terpadu, yang juga disebut Co-operative Academic Education (Co-op), kerja sama antara SKK Migas, PT Chevron Pacific Indonesia, perguruan tinggi terkait, dan Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2) Universitas Riau telah resmi berakhir.

Sebanyak 71 orang mahasiswa dari delapan perguruan tinggi telah menyelesaikan program Co-op dengan baik di berbagai wilayah operasi PT CPI di Rumbai, Minas, Duri, dan Dumai. Selama magang empat bulan, peserta Co-op memiliki pengalaman berkesan di PT CPI.

Seperti pengakuan Inilvita Abdul Muis, mahasiswi jurusan psikologi Universitas Abdurrab yang magang di tim Human Resource Operation, merasakan lingkungan kerja yang kondusif dan tidak dibeda-bedakan meski berstatus mahasiswa magang.

”Kami selama menjalani program tidak pernah dibeda-bedakan, sehingga kami benar-benar merasakan dunia kerja yang sesungguhnya, bagaimana cara bersikap dan menghadapi tantangan kerja. Selain itu, di sini segala pekerjaan dilakukan dengan efektif dan tersistem dengan baik,” ungkap Inilvita.

Hal senada juga disampaikan oleh Wiwit Eri, mahasiswi jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Riau yang ditempatkan di Corporate Affairs North Duri.

Menurutnya, dunia kerja sangat berbeda dengan apa yang dipelajari di bangku kuliah. ”Di sini belajar langsung menghadapi masyarakat, mengelola dan membantu menyelesaikan masalah. Melalui program Co-op ini pula saya belajar disiplin, baik dalam segi waktu, pekerjaan dan diri sendiri. Ini bisa menjadi modal menghadapi dunia kerja nanti,” kata Wiwit.

Penutupan Program Co-op berlangsung di gedung pertemuan PT CPI Rumbai pada Jumat (13/3/2020). Acara tersebut dihadiri oleh jajaran pengurus P2K2 UR dan VP External Affairs PT CPI Hasyim M. Nur.

”Total sudah lebih dari 1.400 mahasiswa pernah mengikuti program Co-op yang telah berjalan sejak tahun 2006. Semoga selama berada di PT CPI, nilai-nilai yang didapat bisa menjadi modal berharga adik-adik mahasiswa untuk menghadapi masa yang akan datang serta menjadi lebih baik,” harap Hasyim M. Nur dalam sambutannya.

Perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam program Co-op PT CPI adalah Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Abdurrab Riau, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lancang Kuning Dumai, dan Politeknik Negeri Bengkalis.

Para peserta berasal dari berbagai latar belakang jurusan seperti teknik, sosial-politik, keuangan, administrasi, teknologi informasi, dan ilmu kebumian. Jumlah peserta dan latar belakang jurusan disesuaikan dengan kebutuhan operasi perusahaan saat ini.

Peserta yang lolos terpilih di antara lebih dari 1.200 mahasiswa yang melamar melalui P2K2 Unri pada tahun ini. P2K2 merupakan mitra pelaksana untuk proses seleksi yang meliputi administrasi, tes potensi akademik, psikotes, dan wawancara. Sertifikat dan pengalaman yang diperoleh dari program ini menjadi nilai tambah bagi para peserta dalam mencari pekerjaan.

Tidak hanya pengalaman bekerja di PT CPI, Program Co-op ini juga menekankan nilai-nilai terkait keselamatan (safety), kepatuhan (compliance) dan integritas. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Umum
Loading...
www www