Home > Berita > Siak

Investasi di Siak Diklaim Masih Normal meski Merebak Virus Corona

Investasi di Siak Diklaim Masih Normal meski Merebak Virus Corona
Jum'at, 13 Maret 2020 18:39 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Wabah virus corona diklaim Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak belum berdampak ke sektor investasi.

”Realisasi investasi masih berjalan normal seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Pemanfaatan Ruang DPMPTSP, Teguh menjawab potretnews.com, Jumat (13/3/2020).

Namun Teguh belum bisa memastikan dalam jangka panjang wabah virus itu dapat mempengaruhi realisasi investasi, kendati jarang investor dari luar negeri berinvestasi ke daerah Siak.

”Kalau tahun lalu ada. Tapi jenis investasinya hanya penambahan mesin di PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang. Meski hanya penambahan mesin di pabrik kertas tersebut, menurut pusat hal itu tetap berinvestasi. Artinya dihitung sebagai investasi,” ucapnya.

Sejak dua tahun terakhir, menurut dia, rata-rata yang mengurus izin di DPMPTSP hanya pengusaha lokal, tidak ada yang skala internasional. Para pengusaha ini rata-rata mengurus izin SIUP/SITU.

”Tahun lalu ada satu pengusaha mengurus izin stoppel cangkang sawit di Pelabuhan Tanjungbuton. Kalau SIUP/SITU, satu tahun bisa mencapai 1.500. Itu sesuai dengan data tahun lalu. Artinya, rata-rata 100-150 pengusaha yang datang ke kita tiap bulannya. Kalau hanya ranah lokal, nilai investasinya pun sudah bisa kita perkirakan. Tak sampai puluhan miliar rupiah," ujarnya. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww