Home > Berita > Riau

Disuntik Dana Besar dari Uang Rakyat, Empat dari 7 BUMD Milik Pemprov Riau Kini dalam Keadaan ”Sakit”

Disuntik Dana Besar dari Uang Rakyat, Empat dari 7 BUMD Milik Pemprov Riau Kini dalam Keadaan ”Sakit”

Ilustrasi. (INTERNET)

Jum'at, 13 Maret 2020 17:43 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Meski telah dimodali dana besar yang berasal dari uang rakyat (APBD), sejumlah badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tak pernah memberikan kontribusi untuk daerah.

Kondisi ini tentu semakin memberatkan pemprov yang mau tidak mau harus mengencangkan ”ikat pinggang” agar tidak boros mengeluarkan anggara, di tengah lesunya perekonomian Indonesia saat ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Ekonomi, Mardoni Akrom saat dikonfirmasi mengatakan, dari tujuh BUMD milik Pemprov Riau, hanya ada tiga yang dinyatakan sehat atau memberikan keuntungan.

Ketiga BUMD Pemprov Riau yang sehat, yaitu; PT Bank Riau Kepri (BRK), PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida), dan PT Sarana Pembangunan Riau (SPR).

”Sementara empat BUMD Pemprov Riau yang masuk kategori atau tak memberikan keuntungan, yaitu PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PER), PT Pembangunan Investasi Riau (PIR), PT Riau Petroleum, dan PT Riau Airlines,” sebut Mardoni, Jumat (13/3/2020).

Dikatakan Mardoni, sejak tahun 2012 Pemprov Riau tak lagi memberikan penyertaan modal terhadap ke tujuh BUMD tersebut. Meskipun demikian, ada BUMD yang bisa bertahan dengan penyertaan modal sebelumnya dan tetap memberikan kontribusi berupa dividen atau pendapatan asli daerah (PAD) kepada Pemprov Riau.

”BUMD Pemprov Riau tak memberikan keuntungan, disebabkan ada yang bermasalah dengan utang-piutang, pajak, gaji, dan masalah manajemen," ungkap Mardoni.

Alasan lainnya, sambung Mardoni, DPRD Riau tidak mau membahas Perda (peraturan daerah) penyertaan modal untuk BUMD milik Pemprov Riau, jika masih ada BUMD yang tidak memberikan keuntungan/dividen.

”Namun, usulan penyertaan modal untuk BUMD tahun ini akan masuk dalam pembahasan antara Pemprov Riau dengan DPRD Riau. Namun kepastiannya kita masih menunggu,” pungkas Mardoni. ***

Berita ini telah terbit di goriau.com dengan judul Ekonomi Lesu, Ini Daftar BUMD Milik Pemprov Riau yang 'Sehat' dan 'Sakit'

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Umum
wwwwww