Home > Berita > Inhil

UMKM di Tanahmerah Indragiri Hilir Prospektif tapi Terkendala Modal dan Izin Sertifikasi

UMKM di Tanahmerah Indragiri Hilir Prospektif tapi Terkendala Modal dan Izin Sertifikasi

Taufik Hidayat.

Selasa, 10 Maret 2020 15:46 WIB
Muhammad Yusuf

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com — Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dari Partai Nasdem, Taufik Hidayat belum lama ini reses ke Kecamatan Tanahmerah.

Pada kesempatan itu, dia mengunjung sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu. Saat berdialog, dirinya mendapat aspirasi dari warga yang membutuhkan bantuan permodalan dan kemudahan regulasi sertifikasi dari Diskes dan BPPOM untuk pengembangan usaha.

”Dari reses yang saya lakukan di Desa Tanjungpasir dan Tanahmerah, dua desa tersebut memiliki usaha UMKM yang cukup potensial. Hanya saja memang ada beberapa kendala yang mesti dibenahi terlebih dahulu,” kata dia di ruang kerjanya, Selasa (10/3/2020).

Menurutnya, khusus untuk Desa Tanjungpasir, di sana pengusaha keripik udang, pembuatan belacan, terkendala pada sektor permodalan dan regulasi sertifikasi dari Dinkes dan BP POM. Kalau itu bisa dimudahkan, ia optimis pengusaha disana akan bisa mengembangkan usaha mereka.

”Kendala utama pengusaha UMKM diduga desa disana adalah terletak pada dua permasalahan yang saya sebutkan tadi. Untuk itu kepada pihak terkait, agar bisa memudahkan regulasi yang mereka butuhkan,” ucap dia.

Terkait permodalan, kata Taufik, setakad ini sudah ada titik terang dari Bank Perkreditan Daerah (BPR). Beberapa waktu yang lalu, pihak BPR sudah meninjau bersama dirinya terkait potensi usaha UMKM masyarakat di sana. Selain itu usaha lainnya yang berkembang disana adalah usaha konveksi dan atap pengolahan daun nipah dan sektor perikanan. Makanya ia berharap kepada pihak terkait seperti Dinas Koperasi dan UMKM maupun Dinas Perdagangan dan Perindustrian mau bersinergi membina UMKM di Inhil.

”Kita memiliki banyak potensi UMKM di daerah. Untuk itu harus ada kerja sama semua pihak untuk pengembanga sehingga perekonomian masyarakat bisa semakin baik ke depan,” demikian saran pria yangWakil Ketua Komisi II DPRD Inhil tersebut. ***

Kategori : Inhil, Pemerintahan
wwwwww