Home > Berita > Siak

Siak Waspada Corona; RSUD Siapkan Ruang Isolasi yang belum Pernah Ditempati dan Lakukan Simulasi

Siak Waspada Corona; RSUD Siapkan Ruang Isolasi yang belum Pernah Ditempati dan Lakukan Simulasi

Ilustrasi. (INTERNET)

Selasa, 03 Maret 2020 15:42 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Mengantisipasi kemungkinan adanya pasien terindikasi virus corona, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafian Siak menyiapkan dua ruangan isolasi.

Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, dr Benny Chairuddin mengatakan, dua ruangan khusus yang disiagakan itu sebelumnya kosong belum pernah ditempati.

”Itu ruangan baru. Tidak pernah ditempati. Ada sekitar 15 tempat tidur di dalamnya," kata Benny saat dikonfirmasi potretnews.com, Selasa (3/3/2020).

Dia mengatakan, ruangan isolasi itu disiapkan untuk mengantisipasi pasien membludak di tiga rumah sakit yang ditunjuk Kementrian Kesehatan RI sebagai rumah sakit rujukan jika terdapat warga positif Virus Corona.

”Dari Surat Edaran Kementerian Kesehatan, ada 100 rumah sakit di Indonesia yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan. Di Riau ada tiga rumah sakit milik pemerintah daerah, yakni; RSUD Arifin Achmad di Pekanbaru, RSUD Puri Husada Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, dan RS Kota Dumai,” sebut dia.

Ketiga rumah sakit itu ditunjuk, imbuh Benny, lantaran di daerah itu pintu masuk terbesar pengunjung ke Riau. Kendati begitu, untuk mengantisipasi membludaknya pasien yang teridentifikasi virus itu nantinya, Kementerian Kesehatan juga mengimbau agar RSUD lainnya menyiapkan sedikitnya dua ruang isolasi.

”Tadi kita juga sudah melakukan simulasi penanganan pasien jika teridentifikasi virus itu. Kendati ruangan dan fasilitas sudah ada di sini, kita berharap tidak ada masyarakat terkena penyakit Corvid-19 tersebut,” harap Benny. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww