Home > Berita > Siak

Imbauan Direktur RSUD Siak ke Warga Terkait Corona: Jangan Panik Berlebihan, Rajinlah Cuci Tangan

Imbauan Direktur RSUD Siak ke Warga Terkait Corona: Jangan Panik Berlebihan, Rajinlah Cuci Tangan

Ilustrasi. (INTERNET)

Selasa, 03 Maret 2020 14:36 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Warga Kabupaten Siak Provinsi Riau diimbau tidak panik meski Indonesia Indonesia resmi masuk peta sebaran virus corona jenis baru atau Covid-19.

Meski begitu, waspada adalah upaya yang meski dilakukan agar virus mematikan itu tak menyebar luas dan tidak mudah tertular.

Imbauan itu disampaikan Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, dr Benny Chairuddin, setelah Presiden Jokowi mengumumkan adanya dua kasus di negara ini pada Senin (2/3/2020).

Menurut dia, ada dua cara terbaik mencegah agar tidak mudah tertular virus tersebut, yakni; rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang yang batuk dan bersin.

”Kalau kita batuk dan bersin, pakai masker serta sering lah cuci tangan. Sebab, dengan sering cuci tangan 50 persen dapat mencegah penyebaran virus corona," kata Benny menjawab potretnews.com, Selasa (3/3/2020).

Selain itu, memakai masker untuk berjaga-jaga jika berada dalam keramaian. Dan jangan menutup mulut saat batuk maupun bersin. ”Ini untuk menghindari saja. Sebab, usai kita tutup mulut saat batuk dan bersin, jumpa teman maupun sanak saudara kita pasti salaman. Dengan bersalaman itu penyakit cepat terjangkit,” ujarnya.

Menurut hemat Benny, penyebaran virus tadi tidak ada hubungannya dengan makanan. Karena pada dasarnya penyebaran itu dari orang ke orang.

”Penyebaran dari manusia ke manusia. Makanya kita harus waspada. Ini sama seperti kita menghindari terjangkitnya sakit flu dan batuk. Hanya saja reaksi virus ini lebih cepat daripada reaksi penyebaran kedua penyakit tadi,” pungkasnya. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww