Home > Berita > Siak

Warga Minas Panik dan Lari Terbirit-birit Saat Lihat Kawanan Gajah Melintas di Kampung Mereka, Rumah dan Tanaman Dirusak

Warga Minas Panik dan Lari Terbirit-birit Saat Lihat Kawanan Gajah Melintas di Kampung Mereka, Rumah dan Tanaman Dirusak

Rumah dan tanaman warga yang dirusak kawanan gajah.

Sabtu, 29 Februari 2020 18:36 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Kawanan gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang berjumlah lima ekor gajah sumatera mendadak muncul di perkampungan warga di Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (29/2/2020).

Gajah-gajah itu merusak beberapa unit rumah dan tanaman penduduk setempat. Meski tak ada korban jiwa, namun warga panik dan lari terbirit-birit melihat hewan bertubuh besar tersebut melintas di depan rumah mereka.

Camat Minas, Hendra Adi Nugraha menyebutkan, dirinya sudah menerima laporan dari masyarakat terkait peristiwa itu. "Info dari warga, sedikitnya 5 ekor gajah turun ke permukiman pagi tadi kira-kira pukul 03:00 WIB. Akibatnya rumah dan tanaman sawit warga di rusak," kata Hendra menjawab potretnews.com melalui telepon seluler, Sabtu.

Rumah warga yang rusak, kata Hendra, lantaran tersenggol hewan bertubuh besar itu saat melewati kawasan permukiman. Sementara hasil pertanian milik warga sebagian dimakan dan dirusak.

”Memang, setiap tahun ada kawanan gajah melewati kampung itu. Sebab, daerah tersebut tak jauh dari lokasi Pusat Latihan Gajah (PLG) serta Taman Hutan Rara (Tahura) Sultan Syarif Hasyim (SSH) Minas,” ucapnya.

Bahkan cerita Hendra, tahun lalu kawanan gajah itu sempat terlihat di belakang Kantor Kecamatan Minas. Namun tidak lama, setelah itu kawanan gajah balik ke tahura.

Kendati begitu, hingga saat ini masyarakat di lokasi itu masih waspada dan belum berani ke kebun. Sebab, khawatir gajah-gajah itu masih berada di sekitar kebun mereka. ”Saya sudah koordinasi dengan BBKSDA Riau untuk melakukan tindakan pengusiran satwa gajah itu,” ujar Hendra. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww