Pesan Babinsa Subarianto kepada Pelajar SDN 16 Bengkalis: Jangan Disuruh Orang Tua Jawabnya Nanti Dulu...

Pesan Babinsa Subarianto kepada Pelajar SDN 16 Bengkalis: Jangan Disuruh Orang Tua Jawabnya Nanti Dulu...

Salam Literasi oleh Sumarni diikuti Sertu Subarianto (kanan) dan Serka Yanuswar Hermana, juga majelis guru dan pelajar SDN 16 Bengkalis sang petugas upacara, Senin (24/2/2020).

Selasa, 25 Februari 2020 07:15 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Mentari pada Senin, 24 Februari 2020 pukul tujuh bersinar cerah. Di Jalan Utama Desa Pangkalanbatang Barat, Kabupaten Bengkalis terlihat sibuk lalu lalang kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Sebuah sepeda motor dengan pelat nomor 10725-I yang dikendarai seorang lelaki paruh baya terlihat berbelok ke halaman rumah Bery, anak Basri ASN di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) setempat yang berada tepat di depan SDN 16 Bengkalis.

Setelah memarkirkan kendaraannya, lalu menyalami beberapa orang guru dan beberapa orang murid yang ditemui, terlihat jelas di atas kantong kanan baju loreng tertulis nama Subarianto.

Pagi itu, Sertu Subarianto Babinsa Desa Simpang Ayam, Meskom dan Perapat Tunggal dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0303/ Bkls ini mendapat perintah atasannya di Komando Rayon Militer (Koramil) 01/Bkls untuk menjadi pembina upacara di sekolah dengan murid lebih 100-an orang yang berasal dari 3 desa, Pangkalanbatang Barat, Sebauk dan Desa Senderak.

Di awal amanah pada upacara yang dimulai pukul 07:15 WIB, Sertu Subarianto mengajak seluruh peserta upacara mengucapkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan. Motivasi yang diberikan personel TNI kala itu, agar para pelajar selalu disiplin jangan lalai menggunakan waktu karena menggunakan HP. ”Disuruh orang tua, nanti dulu... Disuruh belajar, nanti dulu… Tidur lewat waktu…,” Hal tersebut diingatkan Subarianto dan didengar penuh perhatian para peserta upacara. Selain itu, pelajar juga membaca buku walau semenit, patuh kepada kedua orang tua, membudayakan hidup bersih, mencintai diri sendiri yang selanjutnya cinta tanah air Indonesia.

”Kami dari Koramil 01/Bengkalis itu sebelumnya sudah ada program kita yaitu kegiatan mengambil setiap hari Senin upacara di sekolah sekolah. Yang kedua juga ada program perpustakaan keliling, babinsa setiap hari Senin keliling ke desa-desa yang ada SD-nya untuk menimbulkan minat baca kepada anak kita yang sekarang ini sudah mulai hilang minat membacanya,” ungkap Sertu Subarianto kepada potretnews.com, Senin (24/2/2020) setelah selesainya upacara bendera.

Ditambahkan Subarianto, setiap desa itu ada babinsanya, ada 3 desa 1 babinsa dan ada 4 desa 1 babinsa. Jika SD, SMP atau SMA ingin mengambil babinsanya menjadi pembina upacara dapat melakukan koordinasi dengan babinsanya masing-masing. "Program kegiatan tergantung koordinasi pihak sekolah dengan Koramil 01 Bengkalis. Intinya apabila kita diminta, kita siap hadir di sekolah yang meminta kita menjalankan program yang sudah dikoordinasikan misalnya memberikan pelajaran di kelas. Alhamdulillah, saya cukup apresiasi dengan SDN 16 ini bekerja sama dengan babinsa menjalin silaturahmi. Ke depannya jangan sampai putus di tengah jalan, berlanjut terus," harap Sertu Subarianto.

Kepala SDN 16, Sumarni SPd mengucapkan terima kasih kepada babinsa yang sudi memenuhi undangan mereka. Apalagi anak-anak didiknya antusias luar biasa dalam kegiatan perdana ini. Biasanya, kata dia, anak SD kadang-kadang dalam berbaris itu, baru 5 menit sudah mulai jongkok, ribut.

”Tapi, hari ini Alhamdulillah saya rasa terharu mungkin karena baju loreng, maka anak-anak kami sangat antusias sekali mengikuti upacara pagi ini. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan sangat berharap program ini akan berlanjut kemudian ada kerja sama nanti dengan pihak babinsa terutama ke koramil.

Ke depan, Sumarni menginginkan agar babinsa bisa memberikan pelajaran untuk memotivasi anak-anak terutama masalah sejarah pahlawan bangsa.

”Pelajaran ini kelihatannya makin hari makin tersisihkan. Kita takut nantinya anak-anak tidak mengerti sejarah bangsa sehingga lupa dengan sejarah bangsa. Program ini akan kita giatkan,” ujar dia. Dalam kesempatan itu, juga turut hadir Serka Yanuswar Hermana (Babinsa Senderak dan Teluklatak). ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww