Home > Berita > Umum

Tren Homoseksual di Tanjungpinang Meningkat Diduga Pemicu Bertambahnya Jumlah Penderita HIV/AIDS

Tren Homoseksual di Tanjungpinang Meningkat Diduga Pemicu Bertambahnya Jumlah Penderita HIV/AIDS

Ilustrasi. (INTERNET)

Minggu, 23 Februari 2020 09:20 WIB

TANJUNGPINANG, POTRETNEWS.com — Beberapa tahun terakhir tren homoseksual atau berhubungan seks sesama pria di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam mengungkapkan hal itu, Sabtu (22/2/2020). ”Sebenarnya bukan hanya di Tanjungpinang, fenomena serupa juga terjadi di berbagai daerah di Indonesia,” katanya.

Kondisi ini, dia menjelaskan, kemungkinan menjadi salah satu penyebab angka penderita HIV/AIDS, khususnya dari kalangan laki-laki ikut meningkat di Tanjungpinang.

”Penderita HIV/AIDS tiga tahun terakhir didominasi laki-laki. Biasanya antara penderita lelaki dan perempuan itu jumlahnya seimbang," ujarnya. Namun, Rustam tidak merinci lebih jauh berapa banyak jumlah kaum lelaki/wanita yang menderita HIV/AIDS di kawasan Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau tersebut.

”Secara umum dari data tahun 2019 kemarin, penderita HIV/AIDS se-Tanjungpinang mencapai 100 kasus," ungkapnya seperti dilansir dari Antara.

Rustam menerangkan, penderita HIV/AIDS di Kota Gurindam ini rata-rata diakibatkan perilaku seks yang berisiko, dan hampir semua kasus mengarah ke situ. Sementara, untuk penderita HIV/AIDS melalui penggunaan jarum suntik narkoba sangat jarang terjadi di Tanjungpinang.

”Paling konsumsi sabu-sabu, setelah itu melakukan seks tidak aman, tidak hanya dengan lawan jenis, bahkan sesama jenis," ucapnya. Dia menambahkan untuk wilayah Tanjungpinang, pasien HIV/AIDS menjalani perawatan di RSUD Pemkot Tanjungpinang dan RSUD Raja Ahmad Tabib milik Pemprov Kepri. ***

Berita ini telah terbit di merdeka.com dengan judul ”Tren Hubungan Seks Sesama Pria di Tanjungpinang Meningkat”

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww