Home > Berita > Umum

23 Februari dalam Sejarah; Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia

23 Februari dalam Sejarah; Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia

Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan. (WIKIPEDIA)

Minggu, 23 Februari 2020 08:16 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Banyak peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 23 Februari.

Salah satunya adalah wafatnya pendiri Muhammadiyah sekaligus pahlawan nasional, KH Ahmad Dahlan. Berikut rangkuman, terkait beberapa peristiwa yang terjadi pada 23 Februari:

1. KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia
Pendiri dari Muhammadiyah sekaligus pahlawan nasional KH Ahmad Dahlan meninggal dunia, pada 23 Februari 1923. Ia dimakamkan di daerah kelahirannya, yakni Yogyakarta. Pada tahun 1912, Ahmad Dahlan mendirikan sebuah organisasi bernama Muhammadiyah untuk melaksanakan cita-cita pembaruan Islam di bumi Nusantara. Ia ingin mengadakan suatu pembaruan dalam cara berpikir dan beramal menurut tuntunan agama Islam.

2. Amerika Serikat Berhasil Rebut Pulau Iwo Jima dari Jepang
Setelah berhasil merebut Pulau Iwo Jima dari kekuasaan Jepang, Amerika Serikat berhasil mengibarkan benderanya pada 23 Februari 1945. Untuk merebut pulau tersebut dari Jepang, Amerika Serikat sempat melakukan pertempuran, dan bahkan harus kehilangan kapal induk terbesarnya, serta kehilangan 6,821 tentaranya serta hampir 20.000 terluka parah.

3. Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) Didirikan
International Organization for Standardization (ISO) berdiri pada 23Februari 1947. Organisasi ini adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.

4. Anas Urbaningrum Mundur dari Ketua Umum Demokrat
Setelah ditetapkan sebagai terasangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus korupsi proyek Hambalang, Anas Urbaningrum mengundurkan diri dari jabatan ketua umum Partai Demokrat pada 23 Februari 2013. ***

Berita ini telah terbit di okezone.com dengan judul ”Peristiwa 23 Februari: Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia”

Berita ini telah terbit di okezone.com dengan judul ”Peristiwa 23 Februari: Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia”

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww