Home > Berita > Inhil

Tanggul Sepanjang 372 Km Dibangun Tahun Ini demi Selamatkan Kebun Warga Indragiri Hilir

Tanggul Sepanjang 372 Km Dibangun Tahun Ini demi Selamatkan Kebun Warga Indragiri Hilir

Tanggul penahan intrusi diperlukan untuk menyelamatkan kebun kelapa warga.

Rabu, 19 Februari 2020 08:16 WIB
Muhammad Yusuf

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com — Dalam upaya penyelematan perkebunan kelapa rakyat akibat intrusi air asin, tahun ini Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan membangun tanggul mekanik sepanjang 372 km.

Menurut Kadis Perkebunan Inhil Drs Sirajudin MM, Selasa (182/2020) mengatakan, pembangunan tanggul nantinya akan dilakukan dengan sistem swakelola.

”Melalui pembangunan tanggul mekanik sepanjang 372 km, kebun masyarakat yang kritis akibat intrusi air asin, bisa terselamatkan. Minimal mampu untuk mencegah kerusakan yang lebih parah,” katanya.

Pembangunan tanggul mekanik tersebut, kata dia, semuanya menggunakan anggaran APBD Kabupaten. Padahal kebutuhan tanggul untuk perkebunan sangat besar. Untuk itu ke depan pemkab membutuhkan dana dari APBN maupun APBD provinsi.

Sirajudin berharap, pembangunan tanggul nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat petani di Inhil. Namun hal itu tidak berubah dalam sekejap, tetapi perlu waktu 3 sampai 5 tahun ke depan.

”Tentunya ini sebuah dampak yang positif. Peningkatan produksi 3 sampai 5 tahun mendatang setelah pembangunan tanggul akan semakin mempekuat kontribusi sektor perkebunan terhadap pertumbuhan perekonomian daerah. Dalam skala kecil, ini akan berimbas positif juga terhadap kesejahteraan pekebun kelapa," ujarnya.

Sebelumnya Anggota DPRD Inhil Aswan ST mengatakan, saat reses dirinya menerima banyak usulan mengenai pembangunan tanggul. Apalagi lahan perkebunan masyarakat yang rusak dikarenakan oleh intrusi air laut, cukup luas. Oleh karena itu dibutuhkan segera pembangunan tanggul untuk mencegah kerusakan.

”Dapil 5 yang mencakup Kecamatan Enok, Tanahmerah, Concong dan Kuindra adalah daerah pesisir yang kerusakan lahan perkebunan akibat intrusi air asin sangat besar. Kita berharap pembangunan tanggul bisa menyelamatkan perkebunan masyarakat,” pungkas politisi Demokrat tersebut. ***

Kategori : Inhil, Umum
wwwwww