KPJ Malaysia Tawarkan Layanan Kesehatan yang Terjangkau kepada Masyarakat Bengkalis dan Dumai

KPJ Malaysia Tawarkan Layanan Kesehatan yang Terjangkau kepada Masyarakat Bengkalis dan Dumai

Kepala Dinas Kesehatan Kadiskes Kabupaten Bengkalis, dr Ersan Saputra dan Sekretaris Imam Subchi foto bersama pengelola KPJ Bandar Maharani Muar, Senin (17/2/2020) petang.

Selasa, 18 Februari 2020 22:53 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Kumpulan Perubatan Johor (KPJ), Malaysia menawarkan pelayanan kesehatan dengan harga terjangkau serta panduan berobat ke sana khusus bagi masyarakat Bengkalis, Duri, dan Dumai yang sehat maupun menderita sakit.

Hal ini disampaikan Chief Executive Officer, Mohamad Hafiz Zaini kepada potretnews.com sesaat setelah diterima Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Bengkalis, dr Ersan Saputra di ruang kerjanya, Senin (17/2/2020) petang.

Karene lokasi jarak antare Bengkalis, Dumai dan Duri dekat dengan Muar, Malaysia yang boleh ditempuh menggunekan transportasi laut, kite berkunjung ke Bengkalis. Bengkalis adalah salah satu tempat yang paling dekat dengan Muar, kite nak sampaikan kepade masyarakat di Bengkalis, rumah sakit kite sedie ade di Muar. Mudah-mudahan, kite bisa memberikan pelayanan dari segi kesehatan disebabkan pengobatan dan dokter-dokter yang ada,” ucap Mohamad Hafiz Zaini.

Dia menyebut, KPJ Muar sebelumnya tidak ada kerjasama dengan Pemkab Bengkalis. ”Kalau berkunjung ke sane (KPJ Muar), kite akan sediakan kemudahan dari segi pengangkutan dari jeti (pelajuhan Muat) ke hospital. Kite juge berkolaborasi dengan Hotel Clasik di Muar, pesakit-pesakit dari luar khususnya dari Indonesia yang datang untuk berobat boleh stay di hotel ini dengan harga diskon lebih rendah dari yang ditawarkan kepada orang lain. Dari segi kemudahan sebagaimane yang sudah saya kongsikan dengan dokter Ersan tadi, fasilitas kite lengkap dan kite mempunyai dokter-dokter yang boleh membantu pesakit-pesakit di sini. Contohnya penyakit ginjal, reumatology, pakar bedah am, pakar bersalin, sakit puan, pakar kanak-kanak dan sebagainye. Dan harge yang kite kenekan adalah standar berbanding dengan rumah sakit-rumah sakit yang lain. Jadi, kite tidak kenekan harga yang mahal kepade pesakit-pesakit same ade dari Malaysia maupun Indonesia," paparnya.

Mengenai kemudahan saat proses keimigrasian di Muar, Mohammad Hafiz menyampaikan, "Itu pihak kastam yang bisa menjawab sebab saye pun sebagai penggune di kawasan jeti. Saye rase prosedur yang digunakan samelah dengan mane-mane jeti yang ade di Malaysia. Memanglah ade beberape peraturan yang akan dikenekan, contohnya barang-barang yang kite bawak untuk dijual di negare tersebut memang tak dibenarkan. Tapi kalau barang-barang untuk souvenir, baju dan sebagainya untuk kegunaan sendiri ataupun ahli keluarge, saye rasa itu tidak masalah untuk dibawa pulang ke negara asal."

Kepada pasien warga Bengkalis, Mohammad Hafiz berpesan, "Yang pentingnye agar berkunjung kepade pakar-pakar yang berkenaan bile ade sakit, bile ade badan terase tak selese atau mungkin ade penyakit-penyakit yang tak tentu masuk ke dalam badan, jangan tangguh untuk bertemu dengan dokter. Mintekan nasihat, jangan buat penilaian sendiri atau keputusan sendiri, pade saye itu lebih baik. KPJ Maharani punya moto Care for Live penjagaan kesehatan sepanjang hayat. Kite punye perkhidmatan kesihatan seperti paket-paket kesehatan untuk pastikan kite senantiase sihat. Walaupun kite belum menghadapi ape-ape penyakit, tapi kite juge sediakan paket-paket untuk pastikan kite senantiasa sehat, contohnya paket-paket skrining, paket ini untuk pastikan badan kite senantiasa fit dan sehat. Jangan sampai bile kite dah sakit, bile kite dah telampau tak sihat, baru berkunjung kepade dokter. Sebab penyakit-penyakit zaman sekarang sangat mencabar tak macam zaman dulu.
Zaman sekarang adalah zaman cyber atau IT, di mane penyakit-penyakit bukan hanye kene kepade golongan orang-orang yang tue, yang mude pun senang dijangkiti penyakit disebabkan life style atau kehidupan sekarang ini. Penjagaan kesihatan sewaktu kita sehat adalah penting."

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, dr Ersan Saputra dalam kesempatan tersebut bersyukur mendapat kunjungan dari KPJ Bandar Maharani Muar, Malaysia. Menurut dia, kedatngan pihak KPJ ingin tahu bagaimana situasi kesehatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

”Tadi memang sudah kita sampaikan bahwa rumah sakit kita masih ada slot untuk kerja sama dengan KPJ Bandar Maharani ini. Karena memang di rumah sakit kita kasus-kasus yang banyak yang saat ini ditawarkan oleh KPJ ini salah satunya adalah penyakit rematology, penyakit rematik dan gagal ginjal. Di RSUD Bengkalis untuk pasien-pasien yang gagal ginjal itu cukup banyak. Kita nanti akan coba untuk semacam transfer knowledge, dokter yang ada di RSUD Bengkalis mungkin akan kita agendakan untuk melakukan kunjungan kerja ke Hospital KPJ Bandar Maharani. Sehingga di sana kita bisa melihat sistem penanganan rematik dan gagal ginjal tadi. Di RSUD Bengkalis memang saat ini belum ada dokter sub spesialisnya, paling tidak di sana nanti bisa belajar bagaimana penanganan spesialistik pelayanan-pelayanan sub spesialis rematik dan gagal ginjal tadi," ungkapnya.

Kata dia, Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis menggiatkan bagaimana kesehatan itu berasal dari diri sendiri. "Kalau kita sehat virus tidak bisa masuk, karena memang satu-satunya yang efektif adalah daya tubuh kita. Daya tahan tubuh kita lah yang membuat virus tidak bisa masuk ke tubuh kita. Yang penting gizi cukup, makan seimbang, banyak minum air putih dan rajin berolahraga," pesan dr Ersan di akhir wawancara.

Dalam pertemuan itu terlihat hadir Sekretaris Diskes, Imam Subchi dan dari KPJ juga turut serta Public Relations & Marketing Executive, Ahmad Faez bin Ahmad Sazali dan PR & Marketing Officer, Norani Md Nor. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww