Home > Berita > Siak

Tinggal Pencet 112 Bebas Pulsa, Warga Kabupaten Siak Tak Perlu Panik Saat Kondisi Darurat

Tinggal Pencet 112 Bebas Pulsa, Warga Kabupaten Siak Tak Perlu Panik Saat Kondisi Darurat

Suasana jelang peluncuran Layanan 112, beberapa hari lalu.

Jum'at, 14 Februari 2020 19:41 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Masyarakat Kabupaten Siak di Provinsi Riau kini tidak perlu panik saat mengalami peristiwa darurat yang membutuhkan pertolongan.

Cukup dengan menelepon ke nomor 112, tanpa dipungut biaya alias bebas pulsa, warga akan mendapat bantuan dari petugas di instansi terkait. Mereka segera datang dan membantu kesulitan warga.

Beberapa hari lalu Pemerintah Kabupaten Siak bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan layanan Call Center Tanggap Darurat 112. Layanan ini seperti 911 milik Amerika Serikat yang berfungsi untuk melayani warga dalam situasi darurat.

Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli mengatakan, program ini merupakan inisiatif dari Pemkab Siak yang diperuntukkan bagi masyarakat.

”Ketika masyarakat dalam situasi darurat membutuhkan ambulans, call center ini dapat dihubungi. Apalagi, saat ini Kabupaten Siak sudah menetapkan status Siaga Darurat Karhutla, call center ini sangat membantu untuk mendeteksi titik api," kata Ahmad, Jumat (14/2/2020).

Dia menyebut, program ini telah diuji coba di beberapa kota, seperti Bekasi. Ahmad yakin masyarakat akan terbantu dengan adanya layanan ini. Apalagi bisa digunakan tanpa pulsa. Setiap laporan yang masuk nantinya secara otomatis akan terkoneksi ke dinas terkait.

”Dalam waktu dekat, layanan ini sudah bisa digunakan. Untuk tahap awal, para operator dari kita akan ditempatkan sementara di sini sebelum teknisi dari Siak ada,” ucapnya.

Bupati Siak Alfedri mengatakan, layanan 112 merupakan bagian dari program Smart City yang bisa diakses melalui telepon seluler maupun telepon rumah selama 24 jam. ”Layanan 112 beroperasi 24 jam. Tentu sangat berguna ketika Siak sudah menetapkan status Siaga Karhutla,” ujarnya.

Fasilitas canggih berbasis teknologi komunikasi semacam ini, kata dia, ke depan juga akan digunakan pemerintah daerah dalam membuat keputusan untuk merespons suatu kejadian penting atau darurat di Kabupaten Siak. ***

Kategori : Siak, Pemerintahan
wwwwww