PotretNews.com Minggu 29 Maret 2020
Home >  Berita >  Bengkalis

Menteri Edhy Prabowo dan Presiden Bangsa Orang Laut Bertemu Bahas Perikanan dan Hak Ulayat

Menteri Edhy Prabowo dan Presiden Bangsa Orang Laut Bertemu Bahas Perikanan dan Hak Ulayat

Pengurus Laboli saat berada di ruang tunggu Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo, Selasa (11/2/2020) pagi.

Selasa, 11 Februari 2020 10:10 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Untuk mendapatkan hak-hak adat Bangsa Orang Laut secara International, PRj Haryono Maha Seri Bijawangsa yang merupakan Presiden Bangsa Orang Laut Sedunia pagi ini, Selasa (11/2/2020) pukul 09:30 WIB melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo.

PRj Haryono Maha Seri Bijawangsa yang dilantik secara resmi oleh perwakilan Bangsa Orang Laut International sebagai Ketua Laboli (Lembaga Adat Bangsa Orang Laut International) pada 2017 silam dan dihadiri pihak Pemerintah Provinsi Riau dan Kementrian Kelautan berupaya agar perkembangan Bangsa Orang Laut seimbang dengan kemajuan zaman.

"Namun, hanya beberapa persen yang mampu seimbang dan hak kami pun seolah lenyap seperti dikuasai pihak lain yang merebutnya secara semena-mena. Budaya kami juga seakan tidak terpelihara," kata PRj Haryono Maha Seri Bijawangsa kepada potretnews.com, Senin (10/2/2020) malam melalui keterangan tertuls.

Dosen Universitas Riau ini mengatakan, pihaknya akan berdiskusi secara langsung bersama Menteri KP Edhy Prabowo terkait beberapa hal tentang Bangsa Orang Laut.

Awalnya kami yang mengusulkan namun terakhir Menteri Edhy Prabowo yang memanggil. Beliau sudah mengkonfirmasi secara langsung terkait pertemuan yang kita sama-sama tunggu ini," sebut PRj Haryono Maha Seri Bijawangsa penuh semangat sang Pelatih Beladiri Vovinam yang berhasil membawa 6 medali untuk Indonesia dalam The 6th WVVF World Vovinam Championship pada 16-22 Desember 2019 di Phnom Penh, Kamboja ini pula.

Menurut dia, ada beberapa hal yang akan dibahas dengan Menteri Edhy, di antaranya, Hak Ulayat Laut, pemberdayaan Bangsa Orang Laut untuk turut serta dalam menjaga wilayah kedaulatan perairan Indonesia, peningkatan SDM perikanan Orang Laut, dan pemberantasan kemisikinan nelayan Bangsa Orang Laut bisa berupa pembinaan dan bantuan langsung. 

“Ini adalah dialog khusus, dibilang empat mata juga tidak karena tentu Bapak Menteri membawa staf yang terkait dengan yang akan kami bahas nantinya dan saya membawa beberapa pengurus Laboli di antaranya Ketua Penasihat Laboli PRj Suharni Seri Bijawangsa dan pengurus Laboli Kepulauan Riau Radiansyah dan Siti Hajar," ujar PRj Haryono Maha Seri Bijawangsa dengan penuh keyakinan bersama tim yang pada Selasa, (11/2/2020) pukul 09.47 WIB masih berada di ruang tunggu Menteri KP.

Secara khusus mereka meminta doa semuanya agar pertemuan ini dapat berjalan lancar dan membuahkan hasil yang diharapkan. Karena untuk hak ulaya laut ini bukan hanya untuk Bangsa Orang Laut tetapi juga untuk seluruh nelayan tradisional di Indonesia. ***

       
        Loading...    
           
Loading...
www www