PotretNews.com Sabtu 28 Maret 2020
Home >  Berita >  Siak

Atlet Anggar Berprestasi Asal Siak Berharap Bisa Tampil di PON Papua

Atlet Anggar Berprestasi Asal Siak Berharap Bisa Tampil di PON Papua

Ayu (jilbab merah) saat raih medali perunggu.

Selasa, 11 Februari 2020 18:30 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Namanya memang kurang kesohor sebagai atlet jika diukur dengan pencapaian prestasi di tingkat nasional. Namun, untuk level Riau, sosok Ayu Pandi (20), cukup dikenal.

Dara manis kelahiran, Pekanbaru 14 Juni 1999 ini, merupakan salah satu atlet anggar kebanggaan Kabupaten Siak yang memiliki segudang prestasi.

Ayu mulai mengenal olahraga anggar sejak 2013 yang dikenalkan oleh abangnya, Zulkifli, yang telah lebih dahulu menjadi atlet anggar.

”Awalnya saya belum mengenal tentang olahraga ini, karena sering diajak abang ikut latihan, saya pun mulai tertarik,” kata mahasiswi STIE Prakarti Mulya ini kepada potretnews.com, Selasa (11/2/2020).

Ayu menceritakan, ada 3 jenis senjata yang digunakan dalam olahraga ini, yakni; foil, epee, dan sabre. Dia sendiri kerap menggunakan jenis senjata foil.

Setiap turnamen, olahraga ini juga membagi beberapa kelas, yakni kelas prakadet (umur 14 tahun ke bawah), kadet (umur 15 s/d 17), junior (umur 18 s/d 20) dan senior (umur 20 s/d 35).

”Saya suka bermain anggar karena berbeda dari semua olahraga lain. Olahraga ini tidak begitu banyak yang mengenalnya. Kami dilatih dari fisik dan teknik. Apabila fisik mendukung, insya Allah teknik pun akan ikut,” tuturnya.

Ayu juga mengaku butuh kesabaran dan proses untuk menjadi atlet anggar yang tangguh. Seorang atlet anggar harus siap mental dan pencaya diri. Pelatihnya sering bilang siapa yang siap dialah pemenangnya. Dari kesabaran dan latihannya tersebutlah Ayu mampu menuai beberapa prestasi.

Tahun 2019 pada kejuaraan provinsi di Bengkalis, dia berhasil meraih medali perak junior (single) dan medali perunggu senior (single). Di Kejuaraan se-Sumatera di Aceh, Ayu juga berhasil membawa pulang mendali emas (single). Kemudian, pada pra-PON di Semarang, dia juga berhasil meraih medali emas (beregu).

”Tentu semua raihan itu tidak terlepas dari dukungan dan doa dari orang tua, keluarga dan kerabat, dosen maupun sahabat. Saya juga berharap ke depannya bisa membanggakan Kabupaten Siak, Riau dan negara. Dan target tahun ini bisa main PON di Papua,” ujar warga Kampung Minas Jaya ini. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Siak, Sport
Loading...
www www