Home > Berita > Siak

Petani Sungaiapit Siak Panen Padi di Lahan Gambut

Petani Sungaiapit Siak Panen Padi di Lahan Gambut

Panen perdana di Kampung Harapan.

Senin, 10 Februari 2020 18:20 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Petani di Kampung Harapan, Kecamatan Sungaiapit, Kabupaten Siak, Riau bisa menjadi percontohan bagi masyarakat tentang mengolah lahan pertanian gambut dengan cara yang baik.

Tahun ini, mereka sudah melakukan panen perdana dan sukses meraup 5,5 ton gabah dalam satu hektar. Padahal, rata-rata lahan pertanian di daerah itu dulunya rawa dan bergambut.

Namun, setelah dicetak jadi persawahan tiap tahunnya dapat menghasilkan kualitasi padi unggul. ”Dulunya persawahan itu memang ditumbuhi belukar dan bergambut. Para petani mulai menggarap lahan ini sekitar awal tahun dua ribuan. Tapi tidak langsung menghasilkan seperti saat ini. Lahan ini produktif penghasil pangan sekitar tahun 2005 lalu," kata Camat Sungaiapit, Wahyudi kepada potretnews.com, Senin (10/2/2020).

Awal tahun ini, kata Wahyudi, tak kurang dari 80 hektar luas lahan yang sedang memasuki masa panen di daerah itu. Dan dia mengklaim, gabah yang dihasilkan juga akan berkualitas baik.

”Bedanya daerah kita dengan yang lain, di sini tidak hanya padi biasa saja yang ditanam. Ada juga yang menanam padi jenis ketan (pulut),” katanya.

Secara keseluruhan total luas lahan pertanian padi di Kecamatan Sungaiapit kurang lebih 400 hektar. Untuk panen perdana tahun ini seluas 80 hektar. Kesuksesan petani di daerah itu kata Wahyudi tidak terlepas dari infrastruktur yang memadai.

Tidak hanya itu, bantuan demi bantuan tiap tahunnya mengalir ke petani juga menjadi salah satu alasan kesuksesan petani padi di daerah ini.

”Alat pertanian, pupuk dan bibit yang dipakai petani di sini rata-rata memang dari bantuan Pemkab Siak. Itu tidak bisa dipungkiri,” ucapnya.

Dia juga menyampaikan, kecamatan itu akan berupaya menjadi salah satu lumbung padi di Kabupaten Siak. "Kalau dibanding Bungaraya, ya lebih luas di sana. Namun, di Sungaiapit saat ini kualitas padinya juga tak kalah dengan Bungaraya,” ujarnya. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww