Home > Berita > Dumai

Kapal Penyeberangan Rute Dumai-Malaka dan NTT- Timor Leste Dioperasikan Tahun Ini

Kapal Penyeberangan Rute Dumai-Malaka dan NTT- Timor Leste Dioperasikan Tahun Ini

Ilustrasi. (KOMPAS.com)

Jum'at, 07 Februari 2020 12:20 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) tahun ini menargetkan dua rute penyeberangan orang lintas negara.

Kedua rute tersebut adalah dari Dumai di Riau- Malaka Malaysia hingga Maritaing di Nusa Tenggara Timur (NTT)- Dili di Timor Leste.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, alasan mengapa pihaknya ingin agar rute lintas negara ini terealisasi adalah bisa mendongkrak ekspor. Khususnya untuk rute penyebrangan menuju Timor Leste yang mana Indonesia akan sangat banyak sekali diuntungkan.

”Kita ingin Indonesia Timor Leste dari sisi perdagangan Indonesia unggul untuk mengekspor," ujarnya dalam acara Ngopi Bareng BUMN, di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Tak hanya dari sisi perdagangan, dari sisi Pariwisata juga bisa mendongkrak datangnya turis asing ke dalam negeri. Sebab, hubungan antara Timor Leste dan Nusa Tenggara Timur (NTT) masih sangat kuat sekali dari sisi budaya.

Bahkan menurutnya, banyak sekali Warga Negara Asing (WNA) asal Timor Leste yang masih memiliki sanak keluarga di NTT. Selain itu, ada beberapa upacara adat juga yang mengharuskan warga negara Timor Leste datang ke NTT. Selama ini, warga Timor Leste ini harus menggunakan transportasi udara yang mana ongkosnya akan lebih mahal. Oleh sebab itu perseroan akan hadir di sana untuk memberikan pilihan transportasi yang tarifnya lebih murah.

”Dari sananya kita mendapatkan turis Karena ada hubungan. Karena masih ada juga keluarganya. Kedua ada ritual yang harus datang ke NTT,” ucapnya. ***

Berita ini telah terbit di okezone.com dengan judul ”Ada Kapal Penyeberangan Indonesia-Timor Leste, Apa Manfaatnya buat RI?”

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Dumai, Umum
wwwwww