Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis Beri Kiat agar Usulan Skala Prioritas dari Desa Diakomodasi Pemkab

Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis Beri Kiat agar Usulan Skala Prioritas dari Desa Diakomodasi Pemkab

Ketua Komisi IV Sofyan (kiri) saat bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat dan perangkat Desa Pambangbaru.

Senin, 03 Februari 2020 20:48 WIB
Junaidi

BANTAN, POTRETNEWS.com — Tokoh masyarakat dan perangkat Desa Pambangbaru, Kecamatan Bantan bersilaturahmi bersama Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis, Sofyan, di aula kantor desa setempat di Jalan Sri Wijaya Dusun Mandiri, Ahad (2/2/2020).

Kepala Desa Pambangbaru, Edi Zakri yang didampingi Kasi Pemerintahan Saktiwan mengatakan, tujuan silaturahmi bersama anggota dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Bengkalis Bantan ini sekaligus ingin menyampaikan usulan pembangunan yang ada di desanya.

Selanjutnya, bagaimana agar usulan-usulan yang disampaikan nantinya dapat terakomodir melalui musrenbang tingkat desa dan kecamatan.

”Lewat kerja sama dengan pihak DPRD diharapkan usulan ini dapat perhatian dari pemerintah dan berjalan setiap tahun,” harapnya. Pada pertemuan itu, pemerintah desa juga mengundang pihak Bappeda yang diwakili Kabid Perencanaan, Azwir.

Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis, Sofyan, dalam sambutannya menyampaikan, silaturahmi merupakan bentuk kepedulian bersama terkait percepatan pembangunan di Desa Pambangbaru.

Oleh karena itu, menurut dia harus ada upaya akselerasi pembangunan, tidak hanya kepala desa tapi harus berjenjang. Yang paling penting adalah koordinasi mulai dari pengusulan, pengawalan sampai proses pengesahan.

”Musrenbang Kecamatan Bantan akan diadakan sebentar lagi. Usulan-usulan prioritas dari kepala desa akan disampaikan ke pemerintah kabupaten,” ungkapnya.

Usulan-usulan itu, kata Sofyan, akan dirumuskan di dalam RAPBD berdasarkan masukan di musrenbang, program-program bupati dan pokok-pokok pikiran DPRD dalam bentuk RKPD yang kemudian diusulkan ke provinsi.

Setelah disetujui oleh provinsi, imbuhnya, baru akan diasumsikan berapa kemampuan APBD di tahun tersebut dan selanjutnya dibahas di DPRD.

”Oleh karena itu, usulan-usulan prioritas harus kita koordinasikan dan kawal bersama-sama hingga sampai ke pembahasan di DPRD nanti,” bebernya.

Terkait pembangunan jalan poros, sudah dikoordinasikan ke OPD berkenaan untuk memprioritaskan Desa Pambangbaru, sehingga masyarakat bisa menikmati jalan yang lebih layak lagi. Proses ini akan dia kawal bersama-sama dengan anggota DPRD yang lainnya.

”Kita akan sama-sama berjuang agar percepatan pembangunan di Kabupaten Bengkalis bisa diwujudkan, terutama masalah jalan poros yang harus diprioritaskan.”

Pada bagian lain sambutannya, Sofyan juga menyampaikan bahwa ada bantuan untuk masyarakat tidak mampu berupa bantuan usaha dari Dinas Sosial yang bisa diusulkan langsung. Usulan tersebut nantinya akan diverifikasi kelayakannya sebelum diberikan kepada masyarakat. Bantuan tidak hanya bersumber dari APBD namun juga dari dana pusat yang dikucurkan ke daerah.

Sofyan juga menginformasikan, bantuan-bantuan lain dari berbagai bidang yang bisa diusulkan oleh masyarakat seperti bidang pendidikan untuk anak sekolah, bidang sosial berupa bantuan PKH, bidang kesehatan berupa bantuan jaminan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, dan juga bantuan-bantuan lainnya.

Sebagai Ketua Komisi IV di bidang kesejahteraan dan sumber daya manusia, Sofyan berjanji bersama anggotanya akan memperjuangkan aspirasi-aspirasi dari masyarakatnya. ***

wwwwww