Innalillahi, Tokoh Bangsa dan Ulama Karismatik Gus Sholah Meninggal Dunia

<i>Innalillahi</i>, Tokoh Bangsa dan Ulama Karismatik Gus Sholah Meninggal Dunia

KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. (LIPUTAN6.com)

Minggu, 02 Februari 2020 21:35 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Pemimpin Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid atau biasa disapa Gus Sholah meninggal dunia pada Ahad (2/2/2020) malam kira-kira pukul 20.50 WIB lalu.

Kesehatannya dikabar sempat menurun pascaoperasi jantung pada Ahad (2/2/2020) siang. Kabar kepergian tokoh bangsa dan ulama karismatik ini disampaikan putranya, Irfan Wahid, lewat akun Twitter beberapa saat lalu.

Gus Solah sudah dua pekan lamanya dirawat di RS Harapan Kita, Jakarta. Adik mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid ini disebutkan harus menjalani operasi ablasi untuk mengatasi gangguan irama jantung yang dalam ilmu kedokteran disebut aritmia.

Cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asyari dan putra dari KH Wahid Hasyim ini lahir di Jombang pada 11 September 1942. Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini pernah menjadi Anggota MPR RI dan juga Wakil Ketua Komnas HAM. Gus Solah meninggalkan seorang istri, Nyai Hj. Farida.

Akan Dimakamkan di Sebelah Gus Dur
Jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di kompeks pemakaman keluarga di Tebuireng, Senin (3/2/2020) besok pada pukul 16.00 WIB.

Hal itu dijelaskan putra Gus Sholah, Irfan Asy'ari Sudirman Wahid atau Irfan Wahid di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, tempat Gus Sholah menghembuskan nafas terakhir. ”Akan dimakamkan di sebelah makam Gus Dur di Tebu Ireng," kata dia.

Malam ini Gus Sholah akan disemayamkan di rumah duka di Bangka Raya No.2B, Mampang Perapatan, Jakarta Selatan. Jenazah akan diterbangkan ke Jombang lewat Bandara Halim Perdana Kusumah Jakarta pukul 09:00 WIB. ***

Berita ini telah terbit di rmol.id dengan judul ”Innalillahi, Gus Sholah Meninggal Dunia”

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa
wwwwww