Home > Berita > Siak

Misteri Serbuk Putih Diduga Heroin yang Diamankan di Depan Mapolsek Kandis Terungkap

Misteri Serbuk Putih Diduga Heroin yang Diamankan di Depan Mapolsek Kandis Terungkap

Ilustrasi. (INTERNET)

Jum'at, 31 Januari 2020 09:36 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Hasil uji laboratorium terhadap serbuk putih dalam bungkusan plastik bening, yang diamankan personel Polsek Kandis, Siak baru-baru ini, diumumkan Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes Pol Suhirman.

Serbuk putih yang sempat diduga adalah heroin itu, ikut disita dalam penangkapan 2 tersangka penyalahgunaan dengan barang bukti 3 kg sabu-sabu di depan Mapolsek Kandis pada Rabu (22/1/2020) lalu.

Suhirman memaparkan, hasil pemeriksaan terkait kandungan serbuk putih itu, sudah dirilis Laboratorium Forensik Medan dan misteri itupun terungkap.

”Hasil pemeriksaan Laboratorium Forensik Medan menyatakan bahwa tidak ada kandungan narkobanya,” kata Suhirman Jumat (31/1/2020) pagi. Saat ditanyai jenis apakah serbuk putih tersebut sebenarnya, Suhirman tidak bisa memastikan.

”Yang jelas tidak ada kandungan psikotropika atau narkobanya," paparnya. Untuk diketahui, Tim Tiger dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau, berhasil mengungkap peredaran narkotika jenis sabu, Rabu (22/1/2020).

Penangkapan terhadap tersangka dilakukan di depan Mapolsek Kandis, Kabupaten Siak, kira-kira pukul 07.30 WIB. Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Kombes Pol Suhirman yang memimpin langsung penangkapan menjelaskan, penangkapan dilakukan dengan skema razia dan pengadangan.

”Kegiatan penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat, sekitar akhir Desember 2019 lalu. Akan adanya narkoba jenis sabu masuk ke Riau. Namun kami belum paham, di mana lokasinya. Tim melakukan penyelidikan di beberapa daerah," terang Suhirman. Akhirnya pada subuh hari, tim mendapatkan informasi akurat. Tanpa menunggu lama, petugas melakukan pengintaian dan pembuntutan.

”Sampai di depan Mapolsek Kandis, dengan bekerja sama dengan anggota polsek setempat, digelar kegiatan razia. Alhamdulillah berhasil diamankan dua orang tersangka yang sedang mengendarai sebuah mobil putih,” papar Perwira Menengah berpangkat melati tiga ini lagi.

Sempat terjadi aksi kejar-kejaran. Namun pelarian para tersangka berhasil ditegah berkat kesigapan petugas di lapangan. ”Kita buntuti, dan di depan petugas yang menggelar razia sudah siaga. Di depan Mapolsek Kandis kendaraan mereka langsung dipotong dan dihadang. Saat ditangkap tidak ada perlawanan,” jelasnya.

Saat dilakukan penggeledahan, ditemukan lebih kurang 3 bungkusan berisi sabu, yang diperkirakan berat totalnya 3 kg. Barang haram itu disimpan di atas tempat duduk di dalam mobil merk Toyota Calya dengan pelat nomor BM 1493 VW. Selain dua tersangka, yang masing-masing berinisial HS dan ZH, warga asal Sumatera Utara (Sumut), petugas turut mengamankan barang bukti 3 unit handphone dan juga dompet.

Petugas juga menemukan 1 bungkusan plastik bening, berisi serbuk putih halus, yang awalnya diduga heroin. Bentuknya juga berbeda dengan sabu, yang biasanya lebih seperti pecahan kristal. ***

Berita ini telah terbit di tribunnews.com dengan judul ”MISTERI Serbuk Putih yang Diduga Heroin yang Diamankan dari Tersangka Narkoba di Riau Terungkap”

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Siak, Hukrim
wwwwww