Home > Berita > Inhil

Sektor Kesehatan Prioritas Pembangunan di Indragiri Hilir

Sektor Kesehatan Prioritas Pembangunan di Indragiri Hilir

Foto bersama usai peresmian puskesmas.

Kamis, 30 Januari 2020 09:40 WIB
Muhammad Yusuf
KERITANG, POTRETNEWS.com — Sektor kesehatan masih menjadi salah satu prioritas pembangunan di era kepemimpinan periode kedua Bupati Indragiri Hilir, Riau, HM Wardan. Sejak mulai menjabat pada periode pertama dia sudah mengintruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk melakukan evaluasi dan inventarisasi puskesmas yang ada.

”Sektor kesehatan merupakan salah satu program prioritas saya dalam memimpin. Baik saat periode saya dan Pak Rosman dulu, maupun saat sekarang saat saya dan Pak Haji Samsudin Uti," beber Wardan, saat memberikan sambutan dalam peresmian Puskesmas Desa Keritang Hulu, Rabu (29/1/2020).

Terlihat hadir di acara itu antara lain; Ketua DPRD Inhil Dr H Feryandi ST MM, Ketua Tim PKK Inhil Hj Zulaikha Wardan, Kadiskes Inhil H Zainal Arifin SKM M Kes, perwakilan forkopimda, camat, Upika Kecamatan Keritang, dan tokoh masyarakat setempat.

Bupati bercerita, saat dirinya mulai menjabat pada awal dulu, kondisi UPT puskesmas memprihatinkan. Sarana dan alat kesehatan sangat tidak memadai dan kurang. Meski begitu dari 2014/2019 Pemkab Inhil berhasil merevitalisasi sebanyak 14 puskesmas yang ada.

Masih menurut Wardan, meski anggaran APBD Inhil sangat terbatas, itu tidak menghalangi Pemkab untuk membenahi sektor kesehatan. Bersama Kadiskes ia bekerja keras untuk mencari dana APBN untuk membangun dan merevitalisasi bangunan puskesmas seperti yang bisa disaksikan hari ini. ”Dengan segala keterbatasan yang ada, kita sanggup membenahi banyak bangunan puskesmas. Yang penting semua pihak mau kerja keras, terutama untuk melobi anggaran APBN dan APBD provinsi,” kata Wardan lagi.

Untuk itu, bupati berharap kemajuan yang telah kita capai kesehatan masyarakat Inhil jauh lebih dari sebelumnya. Untuk itu kepada tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan terbaik, dengan mengedepankan pendekatan emosional dan psikologis, hingga akan masyarakat merasa senang ketika berobat.

Kadiskes Inhil H Zainal Arifin dalam kesempatan itu memberikan selamat dan sukses atas diresmikannya Puskesmas Keritang Hulu sebagai puskesmas ke-30. Semoga rentang kendali pelayanan kesehatan lebih pendek, masyarakat lebih fokus dilayani. "Peresmian puskesmas di Desa Keritang Hulu menjadi momentum kita semua untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama yang ada di Kecamatan Keritang ini,” ujarnya.

Zainal mengajak seluruh insan kesehatan untuk terus bergerak melakukan perbaikan, dan memberikan pelayanan kesehatan yg terbaik untuk masyarakat Inhil. Sehingga kesehatan yang baik, akan menghasilkan SDM yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua DPRD Inhil DR H Feriyandi, mengapresiasi atas kinerja pemkab dalam hal ini Kadiskes Inhil atas pembenahan dan pelayanan bidang kesehatan yang dilakukan. Dia berharap kepada OPD lain melakukan hal yang serupa, agar pembangunan di Inhil berjalan dengan baik.

”Kita menyadari anggaran yang kita miliki terbatas. Untuk itu, kepada OPD lain di Inhil melakukan hal serupa untuk melobi anggaran pusat dan provinsi, dalam melakukan berbagai pembangunan yang butuh dana besar,” ujar politisi Golkar tersebut. ***

Kategori : Inhil, Pemerintahan
wwwwww