Datang dari Meranti ke Bengkalis, Pak Camat Ini Usulkan Program Daerah Perbatasan

Datang dari Meranti ke Bengkalis, Pak Camat Ini Usulkan Program Daerah Perbatasan

Camat Rangsang Pesisir, H Arifuddin Ali saat di feri dari Bengkalis menuju Selatpanjang, Rabu (29/1/2020).

Rabu, 29 Januari 2020 20:33 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Rapat Penyusunan Program/Kegiatan Prioritas Pembangunan Kawasan Perbatasan Berbasis Lokasi Prioritas (Lokpri) di Bengkalis pada Rabu, (29/1/2020) dimanfaatkan Camat Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti, H Arifuddin Ali untuk menyampaikan usulan program.

Hal itu dilakukan Arifuddin Ali dalam upaya memajukan wilayah yang dipimpinnya. Dia datang ke forum itu bersama Wakil Bupati H Said Hasyim dan sejumlah pejabat Pemkab Meranti.

Rapat yang diikuti peserta dari Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti ini juga dihadiri 8 orang dari Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia.

”Dalam rapat tadi, kami menyampaikan usulan program yang akan dilaksanakan dalam 5 tahun ke depan, mulai tahun 2020 sampai 2024. Di antara usulan dimaksud adalah infrastruktur jalan poros di 12 desa yang ada di Kecamatan Rangsang Pesisir. Kemudian pembangunan turap pemecah gelombang,” kata Camat Rangsang Pesisir, Arifuddin Ali kepada potretnews.com, Rabu (29/1/2020) petang.

Menurut dia, program daerah perbatasan dapat mengurangi lajunya abrasi pantai. Selain dua usulan tadi, pihaknya juga menyampaikan usulan di bidang pendidikan serta pemberdayaan lainnya.

Arifuddin yang baru dilantik sebagai camat pada 7 Januari 2020 sangat berharap kepada pemerintah pusat dapat merealisasikan usulan-usulannya, baik itu berupa infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dunia usaha sehingga usaha kecil bisa terbantu. ”Program lain yang kami usulkan adalah kegiatan pemuda termasuk juga TNI dengan membangun pos Angkatan Laut, pos Angkatan Darat dan pos Keamanan Polisi. Semoga Allah SWT mengabulkan permohonan kita,” tuturnya.

Dia mengajak masyarakat Kecamatan Rangsang Pesisir untuk bersama-sama berusaha semaksimal mungkin demi memajukan potensi di daerah kita, baik bidang pertanian, perdagangan, dan industri.

”Kita bisa memaksimalkan potensi dunia usaha misalnya kerajinan terutama produk-produk yang bisa dihasilkan di daerah kita dan usaha kecil menengah seperti usaha kerupuk melalui kegiatan pemberdayaan perempuan,” ujar Arifuddin yang aktif di Kepramukaan dengan jabatan terakhir Waka Bina Muda Kwartir Cabang 04.12 Kepulauan Meranti.

Hari itu, sebut H Arifuddin pula setelah selesainya rapat, 5 orang dari 8 rombongan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan RI diminta langsung Wabup H Said Hasyim untuk menyaksikan secara langsung kondisi real salah satu kabupaten pesisir ini. Pertemuan yang direncanakan pada petang itu juga ditunda dilaksanakan pada Kamis, (30/1/2020) pagi. ***

wwwwww