Home > Berita > Siak

Warga dan PT DSI Saling Klaim Kepemilikan Lahan Terbakar di Kotogasib Siak

Warga dan PT DSI Saling Klaim Kepemilikan Lahan Terbakar di Kotogasib Siak

Polisi saat memadamkan lahan.

Selasa, 28 Januari 2020 17:37 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com — Baru saja terbakar pada Ahad (26/1/2020) lalu, lahan seluas 5 hektar di Kampung Sri Gemilang, Kecamatan Koto Gasib, Siak, sudah menjadi polemik mengenai siapa pemilik yang sah. Pasalnya, warga setempat saling klaim dengan pihak PT Duta Swakarya Indah (DSI) bahwa lahan bergambut itu adalah milik mereka.

”Lahan yang terbakar itu, masuk ke kawasan perkebunan kita. Lokasinya berbatasan antara Kampung Sengkemang dan Srigemilang,” kata Humas PT DSI, Edy saat dihubungi potretnews.com, Selasa (28/1/2020).

Menurut dia, api mulai melahap lahan kebun sawit perusahaan pada Ahad (26/1/2020). Pihaknya pun mulai berjibaku memadamkan api mulai di hari Senin.

”Awalnya ada 3 titik api pada hari Minggu. Saat itu anggota kita di lapangan didatangi 8 orang untuk memadamkan api. Lalu titik api itu kita padamkan. Jadi kan sudah benar itu adalah lahan kita,” klaim Edy.

Tidak sampai situ saja, lanjut Edy, api kembali muncul pada Senin. Api menyebar di luasan lebih kurang 5 sampai 6 hektar. Edy memastikan lahan terbakar itu adalah lahan PT DSI. Namun penyebab kebakarannya tetap ditelusurinya.

”Rasanya tidak mungkin terjadi kebakaran begitu saja. Karena itu kami melaporkan orang yang menemui anggota kami pada hari Minggu itu. Kami sudah tahu orangnya,” tukas Edy.

Kapolsek Kotogasib, Iptu Suryawan pun tak ambil pusing soal saling klaim tersebut. Yang penting, katanya, lahan yang terbakar sudah dapat dipadamkan.

”Memang lokasinya perbatasan antara Kampung Sengkemang dan Srigemilang. Pak Kades Srigemilang juga mengaku bahwa lahan yang terbakar itu lahan HTR milik desa yang diperuntukkan bagi warganya. Tapi yang pastinya lebih tahu itu Pak Camat. Kita hanya ingin tak ada kebakaran,” tandasnya.

Camat Kotogasib, Dicky Sofyan juga mengakui hal yang sama. Lokasi kebakaran itu terjadi perbatasan Srigemilang dan Sengkemang.

”Kalau untuk status lahan belum bisa dipastikan secara jelas. Sengkemang mengakui ini lahan dia, Srigemilang juga mengakui lahan dia, PT DSI juga mengakui ini areal dia. Tapi kami fokus proses pemadaman saja, untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan dari pihak polsek,” pungkas Dicky. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww