PotretNews.com Selasa 02 Juni 2020
Home >  Berita >  Siak

Lahan Gambut Seluas 5 Hektar di Siak Terbakar Lagi

Lahan Gambut Seluas 5 Hektar di Siak Terbakar Lagi

Upaya pemadaman dilakukan personel Polsek Kotogasib.

Senin, 27 Januari 2020 16:31 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Siak, Riau. Kali ini lahan gambut seluas 5 hektar di Kampung Srigemilang, Kecamatan Kotogasib terbakar pada Ahad (26/1/2020).

”Lahan yang terbakar sore kemarin merupakan lahan hutan tanaman rakyat (HTR) dengan kondisi tanah gambut, dan di dalamnya sudah ditanami sawit," kata Kapolsek Kotogasib, Ipda Suryawan kepada potretnews.com, Senin (27/1/2020).

Dia mengatakan, hingga saat ini tim gabungan terdiri dari TNI/Polri, BPBD Siak, dan PT Kimia Tirta Utama (KTU) masih berjibaku memadamkan si jago merah tersebut. Petugas melakukan pemadaman dengan dibantu enam unit mesin pompa air dan satu unit alat berat ekskavator.

”Setelah api dipadamkan, kita juga akan melakukan pendinginan. Sebab dipastikan lahan ini bakal masih mengeluarkan asap. Karena kedalaman lahan gambut ini kira-kira 2-3 meter,” sebutnya.

Petugas di lapangan juga sudah membikin embung air, supaya mempermudah petugas memadamkan api. "Penyebab terbakarnya lahan HTR ini masih kita selidiki. Saat ini kita masih fokus melakukan pemadaman,” ujarnya. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Siak, Lingkungan
Loading...
www www