Cari TKI Korban Kapal Tenggelam di Peraian Bengkalis, Helikopter Superpuma Dikerahkan

Cari TKI Korban Kapal Tenggelam di Peraian Bengkalis, Helikopter Superpuma Dikerahkan
Jum'at, 24 Januari 2020 10:51 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Pangkalan TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru mengerahkan helikopter Superpuma H-3216 guna membantu pencarian korban yang masih belum ditemukan pada kecelakaan kapal pompong kayu di perairan Tanjungmedang, Kabupaten Bengkalis, Kamis (23/1/2020).

”Kami memberikan dukungan dengan mengerahkan satu helikopter Super Puma H-3216 sesuai dengan permintaan Kakansar dan saat ini helikopter sudah berada di lokasi untuk melakukan pencarian dan pertolongan melalui udara,” ujar Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Jajang Setiawan dalam keterangan tertulis, Jumat (24/1/2020).

Kapal pompong kayu bermuatan 20 orang tenaga kerja Indonesia ( TKI) dikabarkan tenggelam di Perairan Tanjungmedang, Kabupaten Bengkalis, Kamis (23/1/2020).

Sejauh ini, petugas gabungan telah menemukan 10 orang yang hilang, satu di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Jajang menyampaikan, pengerahan helikopter Superpuma dilakukan setelah pihaknya mendapatkan perintah dari Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutiana dan mendapatkan izin dari Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Ronny Irianto Moningka.

Dia mengatakan, pengerahan ini dalam rangka menjalankan misi pencarian dan pertolongan agar dapat menemukan korban yang masih di lokasi kecelakaan. Ia berharap masih ada korban yang selamat sehingga segera mendapat pertolongan.

Adapun personel yang diberangkatkan bersama helikopter Super Puma terdiri dari tiga anggota Paskhas dan dua orang dari kantor Basarnas Pekanbaru.

Jajang mengatakan, sejauh ini instruksi pimpinan operasi dilakukan selama satu hari. Namun, apabila masih dibutuhkan, akan ada koordinasi antara BNPP dan Mabes TNI AU, mengingat baru satu orang korban yang ditemukan hingga Kamis (23/1/2020).

Sementara itu, 9 korban lainnya hilang. ”Kemungkinan operasi diperpanjang, akan kita lihat perkembangan ke depannya,” pungkas Jajang. ***

Berita ini telah terbit di kompas.com dengan judul ”Helikopter Super Puma Dikerahkan Cari TKI Korban Kapal Tenggelam di Bengkalis”

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Bengkalis, Peristiwa
wwwwww