Home > Berita > Siak

Jadi Tuan Rumah Rakernas dan Festival JKPI, Siak Undang Pembicara UNESCO & 70 Kepala Daerah

Jadi Tuan Rumah Rakernas dan Festival JKPI, Siak Undang Pembicara UNESCO & 70 Kepala Daerah

Bupati Siak Alfedri.

Rabu, 22 Januari 2020 18:42 WIB

SIAK, POTRETNEWS.com — Festival Pusaka Nasional 2020 dan Rakernas Jaringan Kota Pusaka Nasional (JKPI) akan berlangsung di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, April 2020 mendatang.

Pemkab setempat akan mengundang pembicara dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada perhelatan tersebut.

”Pada seminar internasional melalui Dirjen Kementerian PU kita akan mendatangkan pembicara dari Intangible World Cultural Heritage, Asia Pacific (warisan budaya dunia tidak berwujud untuk wilayah Asia Pasifik) asal Korea, Menteri Pariwisata Uni Emirat Arab, dari UNESCO, kemudian salah seorang wali kota di Eropa yang kota tuanya sudah diakui UNISCO sebagai warisan dunia,” papar Alfedri, Rabu (22/1/2020).

Selain tiga pembicara itu, Pemkab Siak mengundang Menteri PU dan Rektor Universitas Indonesia. Pemkab juga akan merumuskan agar Kawasan Strategis Kota Pusaka Indonesia di-SK-kan oleh Presiden RI.

Saat ini dari 70 kabupaten dan kota tergabung di JKPI baru 48 yang ditetapkan sebagai Kota Pusaka melalui SK Kementerian PUPR. ”Kami bersama-sama akan mengusulkan Kawasan Strategis Kota Pusaka Indonesia di-SK-kan oleh presiden, karena Pak Presiden termasuk salah seorang dari sembilan inisiator terbentuknya JKPI ini. Kita harapkan beliau respek terhadap masukan ini dengan baik, sehingga JKPI diterbitkan melalui SK presiden," harapnya.

Alfedri akan meminta 10 daerah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Kota Pusaka Nasional. Dari 10 nama itu temasuk Siak. Pada kegiatan ini, panitia akan melayangkan 1.000 undangan. Di antaranya undangan VIP kepada 70 bupati dan wali kota yang tergabung di JKPI, kementerian terkait, Gubernur Riau, perusahaan, LAMR serta kabupaten tetangga. ***

Kategori : Siak, Pemerintahan
wwwwww