Home > Berita > Siak

Karhutla di Awal Tahun, 15 Hektar Lahan di Siak Terbakar

Karhutla di Awal Tahun, 15 Hektar Lahan di Siak Terbakar

Pendinginan yang dilakukan pihak kepolisian.

Minggu, 19 Januari 2020 16:37 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Kebakaran hutan dan lahan (karhula) sudah terjadi di Kabupaten Siak Provinsi Riau meski belum genap sebulan memasuki tahun 2020.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak mencatat, sejak awal Januari tahun ini, sudah 15 hektar lahan di Siak terbakar.

”Terakhir terjadi kebakaran lahan dua hari lalu seluas 4 hektar di Kampung Tumang, Kecamatan Siak dan Kampung Telukmesjid Kecamatan Sungaiapit labih kurang seluas 3 hektar," kata Kepala Bidang Damkar BPBD Siak, Irwan Pryatna kepada potretnews.com, Ahad (19/1/2020).

Semua yang terbakar merupakan lahan masyarakat. Kondisinya rata-rata lahan gambut. Hingga kini, kata Irwan, dua lokasi yang terbakar masih dilakukan pendinginan oleh timnya dibantu TNI/Polri dan Manggala Agni.

”Daerah yang rawan terbakar selama ini memang di dua kampung itu. Ada juga di wilayah Kecamatan Dayun dan Kandis. Sebanyak 15 hektar lahan yang terbakar. Namun yang paling luas terjadi di empat daerah tersebut. Sisanya di Minas dan Sungaimandau,” ujarnya.

Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjata tak menampik data yang disodorkan BPBD Siak. Ia pun mengaku, karhutla merupakan ancaman yang serius. ”Soal tersangka, masih dalam proses penyelidikan,” ucapnya. ***

Kategori : Siak, Lingkungan
wwwwww