Home > Berita > Riau

KPK Harus Awasi Kepala Daerah yang Berperilaku KKN

KPK Harus Awasi Kepala Daerah yang Berperilaku KKN

Wakil Gubernur Riau Edy Nasution melantik pejabat eselon III dan IV pemprov, Selasa (7/1/2020). (ANTARA)

Jum'at, 10 Januari 2020 15:26 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin berpendapat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus mengawasi dan memantau kepala daerah yang berperilaku korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Karena menurut dia, kondisi ini berbahaya jika terus dibiarkan dan bisa merusak demokrasi di daerah serta merusak tatanan birokrasi.

Dia menilai, sikap kepala daerah yang menempatkan keluarganya di jabatan-jabatan strategis ini sangat tidak elok. "Kepemimpinan yang mencerminkan tumbuh suburnya dinasti politik dan oligarki di daerah,” ujar Ujang, dilansir potretnews.com dari tempo.co terbitan Jumat (10/1/2020).

Ujang Komarudin mengkritik langkah Gubernur Riau Syamsuar dan Sekretaris Daerah Provinsi Yan Prana Jaya Indra Rasyid yang belum genap satu tahun memimpin, tapi sudah melantik anggota keluarganya.

Keduanya mengangkat istri, kakak, adik, bahkan menantu menjadi pejabat Riau. ”Itulah wajah kepemimpinan yang tak bertanggung jawab. Wajah bopeng perilaku KKN kepala daerah. Mereka sedang membangun, memperkuat, dan menumbuhkan KKN di daerahnya,” tukas Ujang.

Sebelumnya, Pemprov Riau melantik ratusan pejabat untuk mengisi jabatan eselon III dan IV, serta pejabat fungsional seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Ada juga beberapa pejabat pindahan dari kabupaten dan kota di Riau. Dari ratusan pejabat yang dilantik itu, terdapat anggota keluarga Gubernur Riau dan Sekda Provinsi Riau, di antaranya; menantu Gubernur Riau Tika Rahmi Syafitri yang dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Retribusi di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau.

Selanjutnya istri Yan Prana Jaya yakni Fariza juga dilantik sebagai Kepala Bidang Pengembangan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau. Lalu, Prasurya Darma yang diketahui merupakan kakak kandung Yan Prana dilantik sebagai Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Riau.

Dedi Herman yang merupakan merupakan adik Yan Prana juga dilantik sebagai Kabid Ops Satpol PP Riau. Sekda Provinsi Riau Yan Prana Jaya belum membalas pesan Tempo. ***

Berita ini telah terbit di tempo.co dengan judul "Keluarga Gubernur Riau-Sekda Jadi Pejabat, Pengamat: Perilaku KKN"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Umum, Pemerintahan
wwwwww