PotretNews.com Jum'at 17 Januari 2020
Home >  Berita >  Meranti

Api Karhutla di Desa Gemalasari Kepulauan Meranti Mulai Dekati Hutan Lindung Tasik Penyagun

Api Karhutla di Desa Gemalasari Kepulauan Meranti Mulai Dekati Hutan Lindung Tasik Penyagun

Kebakaran yang meluas mengarah ke kawasan Hutan Lindung Tasik Penyagun, Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti.

Jum'at, 10 Januari 2020 12:06 WIB

SELATPANJANG, POTRETNEW.com — Hutan dan lahan sekitar Desa Penyagun dan Desa Gemalasari Perhutani Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti, terbakar.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti, bersama MPA, aparatur desa, perusahaan, TNI dan kepolisian kembali berjibaku mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), pada Kamis (9/1/2020).

Kebakaran yang mendekati permukiman warga sudah berhasil dipadamkan. Namun saat ini api terus menjalar dan melahap luas hutan yang merupakan semak belukar.

Dari pantauan kamera drone milik BPBD, terlihat asap mengepul tebal dan membumbung ke udara, dari kejauhan kebakaran juga tampak hampir mendekati kawasan hutan lindung Tasik Penyagun.

”Kebakaran itu tepatnya di perbatasan Desa Penyagun-Gemalasari. Belum diketahui luas kebakarannya, api pun belum padam dan masih berjalan, namun di Penyagun yang mengarah ke permukiman warga sudah bisa diatasi,” ujar Kalaksa BPBD Kepulauan Meranti, Idris Syamsudin, melalui Kasi Karhutla dan Kecelakaan, Ekaliptus, Jumat (10/1/2020).

Diungkapkannya bahwa, karhutla itu diinformasikan oleh warga setempat, oleh BPBD info tersebut diteruskan ke perusahaan guna dilakukan pengecekan.

”Info itu dari masyarakat, kita juga sudah berkoordinasi dengan SRL, dan ketika dilakukan ground chek ternyata benar telah terjadi kebakaran,” ujarnya.

Saat ini, BPBD telah menurunkan anggota ke lokasi kebakaran untuk melakukan survei. ”Kita sudah di lapangan dan melakukan survei terhadap berapa kebutuhan peralatan yang dibutuhkan. Nanti di infokan lagi. Saat ini kami sedang menyusun strategi antara BPBD, MPA, pihak desa, perusahaan, TNI dan kepolisian," pungkasnya. ***

Berita ini telah terbit di goriau.com dengan judul "Karhutla di Rangsang Mulai Dekati Kawasan Hutan Lindung Tasik Penyagun"

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Loading...
www www