Home > Berita > Riau

Revolusi Industri 4.0, Umri Luncurkan Penerimaan Mahasiswa Berbasis Online

Rabu, 08 Januari 2020 11:41 WIB
Muhamad Maulana
revolusi-industri-40-umri-luncurkan-penerimaan-mahasiswa-berbasis-ionlineiRektor Umri Dr Mubarak (kanan) menggunting pita menandai peluncuran penerimaan calonmahasiswa melalui sistem online, Selasa (7/1/2020)

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Demi mempermudah calon mahasiswa dan mengikuti kemajuan teknologi informasi, pada tahun ajaran 2020/2021 Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) akan menerima calon mahasiswa menggunakan sistem berbasis online.

Penerimaan mahasiswa terbagi dalam tiga gelombang. Jadwal pendafataran telah dibuka sejak 6 Januari 2020 lalu hingga 5 September 2020 mendatang.

Penggunaan sistem online ini secara resmi diluncurkan oleh Rektor Umri Dr H Mubarak MSi, Selasa (7/1/2020), di kampus Umri Jalan Tuanku Tambusai ujung Pekanbaru, yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Ikut hadir dalam kesempatan itu seluruh Wakil Rektor Umri, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Yusri Rasul, Ketua Badan Pembina Harian Umri Dr Isjoni Phd, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Riau dan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Riau serta sejumlah kepala SMA sederajat dan pimpinan perbankan yang merupakan mitra kerja Umri.

Terdapat enam jalur penerimaan mahasiswa baru Umri tahun ini. Yakni; jalur umum, jalur Perserikatan Muhammadiyah, jalur prestasi, jalur beasiswa tahfiz Al-Quran, jalur saudara, jalur sekolah, pesantren, dan keluarga guru.

Rektor Mubarak pada kesempatan itu menyampaikan bahwa dengan penggunaan sistem online ini diharapkan bisa mempermudah calon mahasiswa, terutama yang berada di luar Kota Pekanbaru, karena tidak harus lagi datang ke kampus untuk mendaftar, cukup dari daerahnya masing-masing sudah bisa mendaftar di Umri.

”Dengan adanya revolusi industri 4.0, maka Umri kini mulai menerapkan sistem pendaftaran mahasiswa baru berbasis online yang bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat baik yang diperkotaan maupun di pedesaan. Jadi sekarang ini, untuk mendaftarkan diri di Umri maka para calon mahasiswa tidak perlu datang ke Umri. Cukup gunakan android, lalu masuk ke website resmi UMRI di daftar.umri.ac.id,” kata Mubarak.

Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Riau, Isjoni mengungkapkan, agar target penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 bisa terwujud maka Umri membuka pendaftaran dari berbagai lini.

Hal ini membuktikan, bahwa Umri selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik dan peningkatkan kualitas pendidikan kepada masyarakat Riau.

”Pada tahun ajaran 2019/2020 lalu, ada 2.100 mahasiswa yang mendaftarkan diri di Umri. Sedangkan pada tahun ajaran 2020/2021 nanti, penerimaan mahasiswa baru Umri ditargetkan bisa mencapai angka 3.500 orang. Saya yakin, ini juga bisa melebihi target karena semua jalur pendaftaran telah disiapkan oleh Umri,” ungkap Isjoni.

Dalam kesempatan ini, Umri juga memberikan voucher potongan uang pengembangan sebesar 50 persen untuk 30 orang pendaftar yang beruntung.

Pada hari kedua dibukanya pendaftaran online, sudah ada 12 calon mahasiswa baru yang mendaftar. Pada tahun ini, ada sebanyak 8 fakultas dan 25 program studi yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa baru Umri.

Bahkan dengan mengantongi akreditasi B baik secara institusi maupun prodi, Umri makin percaya diri untuk bersaing dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya dengan tagline "Umri : You're Future, Starts Here". ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww