Home > Berita > Umum

Nelayan Minta Dikirim ke Natuna untuk Mengusir Kapal-Kapal Cina

Nelayan Minta Dikirim ke Natuna untuk Mengusir Kapal-Kapal Cina

Ilustrasi. (INTERNET)

Rabu, 08 Januari 2020 12:28 WIB

POTRETNEWS.com — Komunitas nelayan siap dimobilisasi ke laut Natuna, Kepulauan Riau jika diminta pemerintah. Mereka mendukung kebijakan pemerintah untuk mengusir kapal-kapal asing dari perairan tersebut sebagai bentuk kedaulatan bangsa Indonesia.

Kelompok nelayan yang menyatakan minta dikirim ke pulau yang saat ini diklaim Cina adalah yang berada di pesisir Pantai Utara (Pantura) Cirebon, Jawa Barat.

Salah satu nelayan Cirebon, Sayad mengatakan, nelayan di Pantura Cirebon akan langsung berangkat ke Natuna bila diminta pemerintah untuk mengeksplorasi atau mencari ikan di perairan tersebut.

Sikap nelayan itu, kata dia, juga sebagai bentuk bela negara untuk menjaga kedaulatan laut Indonesia khususnya di wilayah Natuna yang kini banyak dikuasai kapal-kapal asing dan kapal Cina.

”Tidak setuju kalau sampai masuk ke laut Indonesia. Istilahnya kayak kita dijajah. Kalau diajak ke sana ya siap, tapi bagi yang minat saja,” katanya, mengutip dari laman iNews.id, Selasa (7/1/2020).

Menurutnya, nelayan pantura juga mendukung penuh pemerintah untuk mengusir aktvitas pencurian ikan di perairan Natuna. Sebelumnya, pemerintah telah memobilisasi nelayan pantura laut jawa sebanyak 120 nelayan ke Natuna.

Upaya itu untuk menjaga kedaulatan laut indonesia dari klaim Cina atas perairan terluar Indonesia. Sementara itu, banyaknya kapal asing yang mencuri ikan di perairan Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) membuat resah nelayan lokal.

Selain kerap diintimidasi oleh nelayan asing tersebut, hasil tangkapan para nelayan tradsional pun berkurang akibat alat tangkap kalah canggih dengan nelayan asing. ***

Berita ini telah terbit di okezone.com dengan judul "Nelayan Cirebon Siap Dikirim ke Natuna Usir Kapal China demi Kedaulatan NKRI"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww