Hutan Pulau Rupat Terbakar, BPBD Riau Belum Dapat Info

Hutan Pulau Rupat Terbakar, BPBD Riau Belum Dapat Info

Ilustrasi. (INTERNET)

Rabu, 08 Januari 2020 10:28 WIB

DUMAI, POTRETNEWS.com — Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali melanda daerah pesisir Provinsi Riau, tepatnya di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis. Kebakaran di Pulau Rupat terpantau sejak dua hari terakhir dan asapnya masih terlihat membumbung ke udara hingga terlihat dari Kota Dumai.

”Asap karhutla di Rupat sudah dua hari ini terlihat jelas dari daerah pelabuhan di Dumai," kata warga Kota Dumai, Aswadi (40). Pulau Rupat yang berada di Kabupaten Bengkalis letaknya lebih dekat ke Kota Dumai, hanya dibatasi selat.

Jarak Rupat ke Dumai kira-kira 16 kilometer dan bisa dijangkau dengan transportasi kapal Ro-Ro lebih kurang 30 hingga 45 menit.

”Sudah beberapa hari tidak turun hujan, setiap tahun pasti pada awal Januari hingga Februari di Pulau Rupat selalu dilanda karhutla," ungkap Aswadi.

Pada tahun 2019, kebakaran di Pulau Rupat cukup luas hingga lebih dari 2.000 hektar yang mulai terjadi pada awal tahun dan mencapai puncaknya di bulan Februari-Maret.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru pada Selasa sore, ada enam titik panas yang terpantau satelit dan menjadi indikasi awal karhutla. Enam titik tersebut berada di Bengkalis ada tiga titik, yakni di Kabupaten Siak, Kuantan Singingi dan Pelalawan.

Dari jumlah tersebut, ada tiga titik yang dipastikan titik api, yakni di Bengkalis dua titik dan satu di Siak. Titik api di Bengkalis, terdeteksi di Rupat dan Siak Kecil, sedangkan di Siak terdeteksi di daerah Sungai Apit.

Meski begitu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengaku belum mendapat informasi tentang kebakaran di Rupat. ”Belum ada laporan dari rekan-rekan (BPBD) di sana,” pungkasnya. ***

Berita ini telah terbit di republika.co.id dengan judul "Karhutla Landa Pulau Rupat, BPBD Riau Belum Dapat Info"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Bengkalis, Lingkungan
wwwwww