Home > Berita > Umum

Lawan Klaim China, TNI Siaga Penuh di Natuna

Lawan Klaim China, TNI Siaga Penuh di Natuna

Ilustrasi. (INTERNET)

Jum'at, 03 Januari 2020 10:50 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Tentata Nasional Indonesia (TNI) melakukan siaga penuh di Natuna, kepulauan Riau. Hal itu menyusul klaim dari Tiongkok (China) yang menyebut perairan Natuna masuk wilayahnya.

”TNI siagakan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) matra laut dan matra udara yang sudah tergelar di sekitar perairan Natuna," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Sisriadi di Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Dia menjelaskan TNI juga meningkatkan meningkatkan sistem penginderaan dan sistem deteksi dini. Hal itu agar tidak terjadi lagi kapal dari Tiongkok yang masuk perairan Natuna.

”Bukan hanya Alutsista berupa kapal-kapal, tapi juga pesawat. Kami siaga penuh," jelas Sisriadi. Soal Kapal Ikan ke Natuna, Indonesia Protes Tiongkok Menurutnya, penggunaan armada-armada tempur TNI berdasarkan prinsip pengerahan secara ekonomis (economy of force).

Prinsip itu berupa pengerahan Alutsista sesuai perkembangan situasi dan kebutuhan. Dia menambahkan TNI akan mengaktifkan Pusat Informasi Maritim, yang berlokasi di Markas Korps Armada RI I, Jakarta. Bila fasilitas itu sudah aktif, setiap pergerakan yang melanggar teritori di laut bisa diketahui. "Untuk medeteksi dan identifikasi setiap wahana laut yang masuk ke perairan kita," pungkas Sisriadi. ***

Berita ini telah terbit di beritasatu.com dengan judul "Tiongkok Klaim Perairan Natuna, TNI Siaga Alutsista Perang"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww