Home > Berita > Siak

Saat Momen Bersejarah Gerhana Matahari Cincin di Bunsur Siak Tertunda Diabadikan di Medsos

Saat Momen Bersejarah Gerhana Matahari Cincin di Bunsur Siak Tertunda Diabadikan di Medsos
Kamis, 26 Desember 2019 20:57 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Pelaksanaan festival Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungaiapit, Siak, menjadi momen bersejarah. Apalagi, fenomena alam ini terjadi 300 tahun sekali.

Konon, Pemerintah Kabupaten Siak, menggelontorkan duit tidak sedikit (Rp1 miliar), agar event ini dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Sayangnya, pelaksanaan sempat ”ternodai” lantaran warga yang ingin mengabadikan foto maupun video proses munculnya GMC ini ke media sosial mereka terhambat karena jaringan internet lemot.

”Sangat disayangkan acara bersejarah kayak gini tak bisa kita diabadikan di medsos. Pasalnya sinyal HP lemot. Kadang muncul 4G, kadang H+ bahkan sampai 3G,” tutur Anita (45) warga Kota Pekanbaru, Kamis (26/12/2019). Dia kesal lantaran hasil jepretan anaknya tak bisa diabadikan di medsos-nya.

”Karena jaringan lemot, foto yang kita abadikan tadi tunda dimuat,” ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Lusi (33) warga Kabupaten Bengkalis. Dia juga mengaku jengkel dengan kejadian tersebut. ”Seharusnya panitia mempersiapkan sebaik mungkin. Sebab kami yang datang kemari ini juga membantu mempromosikan daerah ini juga. Tapi, buat kami sosialita jadi terkendala karena jaringan internet lemot,” ucap wanita berjilbab ini.

Tidak hanya itu, Lusi juga tampak kesulitan menghubungi kerabatnya yang terpisah dari rombongan gara-gara peristiwa tersebut.

”Saya baca di media pemerintah menghabiskan duit Rp1 miliar untuk acara ini. Seharusnya panitia meminta provider telekomunikasi meningkatkan bandwidth internet di sini. Karena semuanya itu bisa dikomunikasikan dan dikoordinasikan. Tapi jika mau,” ujarnya. ***

Kategori : Siak, Peristiwa
wwwwww