Home > Berita > Siak

Ketua Lapan Dijadwalkan Isi Kutbah Salat Gerhana di Bunsur Kabupaten Siak

Ketua Lapan Dijadwalkan Isi Kutbah Salat Gerhana di Bunsur Kabupaten Siak

Ilustrasi. (INTERNET)

Selasa, 24 Desember 2019 15:46 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com — Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin hampir pasti hadir pada Festival Gerhana Matahari Cincin (GMC). Djamaluddin dijadwalkan mengisi kutbah alias menjadi khatib dalam Salat Gerhana yang dilaksanakan di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungaiapit, Kabupaten Siak, Riau pada Kamis (26/12/2019) lusa.

Djamaluddin akan menjadi khatib dalam Salat Gerhana yang dilaksanakan di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungaiapit, Kabupaten Siak, Riau pada Kamis (26/12) lusa.

”Ketua Lapan hampir dipastikan hadir dan akan jadi khatib Salat GMC. Kalau Menpar ataupun perwakilan, belum terkonfirmasi,” kata Kabid Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Basriansyah, Selasa (24/12/2019).

Pejabat di provinsi yang bakal hadir di acara tersebut adalah gubernur beserta wakilnya, dan Kadispar Riau. ”Total undangan VIP yang disebar sebanyak 300 lembar. Seluruh Kadispar kabupaten/kota di Riau juga diundang. Hanya Kadispar saja yang kita undang, kepala daerahnya tidak,” ujarnya.

Adapun unsur lain yang juga mendapat undangan VIP yakni; sejumlah tokoh agama, adat, dan pemuda. Kampung Bunsur, Sungaiapit Kabupaten Siak telah ditetapkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bersama Kota Singkawang Kalimantan Barat, menjadi lokasi pengamatan fenomena alam tersebut.

Fenomena alam yang terjadi 300 tahun sekali ini dimanfaatkan oleh Kabupaten Siak dalam menarik minat kunjungan wisata untuk menyaksikan peristiwa tersebut dalam rangkaian event yang dikemas bernuansa Islami.

Beberapa item acara yang akan digelar dalam event tersebut di antaranya; pelaksanaan tabligh akbar, kutbah dan Salat Gerhana berjemaah, zikir bersama, hingga Salawat Hadrah. Rangkaian Festival GMC dimulai malam nanti diawali dengan nonton bareng. ***

Kategori : Siak, Peristiwa
wwwwww