Home > Berita > Siak

6 Ribu Wisatawan Ditargetkan Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Siak

6 Ribu Wisatawan Ditargetkan Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Siak

Ilustrasi. (INTERNET)

Senin, 23 Desember 2019 20:06 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Jumlah wisatawan yang menyaksikan rangkaian kegiatan Festival Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada 26 Desember nanti di Kampung Bunsur Kecamatan Sungaiapit Kabupaten Siak Provinsi Riau ditargetkan 6 ribu orang.

”Sebanyak 211 homestay ditambah satu penginapan wisata sudah siap menampung semua pengunjung yang akan datang. Letak homestay ini tak jauh dari lokasi rangkaian Festival GMC. Kita bekerja sama dengan masyarakat di enam kampung se Kecamatan Sungaiapit, untuk menyediakan penginapan tersebut,” kata Kabid Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Basriansyah, Senin (23/12/2019).

Dia mengatakan, dengan adanya homestay tadi dapat berdampak positif bagi perekonomian masyarakat tempatan, baik dari akomodasi, penjualan kuliner, cendera mata, parkir, dan lain sebagainya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyediakan tenda untuk pelaksanaan Salat Gerhana berjamaah di lokasi lapangan Kampung Bunsur. Namun untuk mengantisipasi membludaknya peserta, para pengunjung kata dia diimbau untuk membawa sendiri perlengkapan salat seperti sajadah.

”Jumlah wisatawan yang hadir di Festival GMC ada kemungkinan di luar dugaan. Kami menyarankan pengunjung untuk membawa perlengkapan salat dan sajadah masing-masing dari rumah," ujarnya.

Kampung Bunsur, Sungaiapit Kabupaten Siak telah ditetapkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bersama Kota Singkawang Kalimantan Barat, menjadi lokasi pengamatan fenomena alam tersebut.

Fenomena alam yang terjadi 300 tahun sekali ini dimanfaatkan oleh Kabupaten Siak dalam menarik minat kunjungan wisata untuk menyaksikan peristiwa tersebut dalam rangkaian event yang dikemas bernuansa Islami.

Beberapa item acara yang akan digelar dalam event tersebut di antaranya; pelaksanaan tabligh akbar, kutbah dan Salat Gerhana berjemaah, zikir bersama, hingga Salawat Hadrah.

Rangkaian Festival GMC dimulai dua hari jelang hari H pelaksanaan, Selasa (24/12) di Kampung Bunsur. Sementara itu Bupati Siak Alfedri meminta sejumlah perbaikan dan penyempurnaan terus dilakukan jelang memasuki puncak kegiatan agar kegiatan dapat berjalan lancar. Persiapan sudah dimulai sejak tiga bulan yang lalu.

”Ketua Lapan dan Pak Gubernur Riau serta dari pihak Kementerian Pariwisata, insya Allah akan hadir bersama kita di hari H,” ujar Alfedri. ***

wwwwww