Home > Berita > Dumai

Diselundupkan Lewat ”Pelabuhan Tikus” Dumai, Polda Riau Tangkap Pelaku Perdagangan Anak Singa-Leopard

Diselundupkan Lewat ”Pelabuhan Tikus” Dumai, Polda Riau Tangkap Pelaku Perdagangan Anak Singa-Leopard

Anak singa yang diamankan terkait kasus perdagangan satwa liar. (DETIK.com)

Minggu, 15 Desember 2019 15:27 WIB

DUMAI, POTRETNEWS.com — Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda) Riau mengungkap jaringan perdagangan satwa liar.

Satwa-satwa dilindungi itu, berupa 4 ekor anak singa, 1 anak leopard dan 58 ekor kura-kura jenis Indian, diselundupkan melalui pelabuhan tikus di Dumai, Riau.

”Kami mendapatkan informasi akan masuknya penyelundupan satwa liar ke Riau. Tim mengintai masuknya penyelundupan di pelabuhan tikus di belakang kantor Imigrasi Dumai dengan menggunakan speedboat," kata Direktur Reskrimsus Polda Riau AKBP Andri Sudarmadi di Kasangkulim Zoo, Kampar, Riau, Ahad (15/12/2019).

Andi menjelaskan, setelah masuk ke pelabuhan tikus, satu mobil Avanza membawa anak singa hingga leopard itu. Petugas pun membuntuti mobil pelaku yang melaju ke arah Pekanbaru.

”Tim kami membuntuti dari Dumai. Namun, di wilayah Kandis, (Kabupaten Siak), sepertinya dia sudah mulai curiga dibuntuti. Berusaha kabur, kami saling pacu kendaraan," beber Andri, yang memimpin pengungkapan penyelundupan ini.

Saat dibuntuti, kata Andri, mobil pelaku berusaha menjauh. Polisi akhirnya berhasil menyalip dan memberhentikan mobil pelaku. Penangkapan dilakukan pada Sabtu (14/12) pukul 03.00 WIB.

”Kami lakukan pemeriksaan di dalam mobil ada barang bukti 4 ekor anak singa, 1 leopard, 58 kura-kura Indian. Kami amankan ke Polda Riau. Tim melakukan interogasi kepada pelaku pertama Y. Tersangka Y mengaku dia di bawah kendali temannya inisial Is," sebut Andri.

Selanjutnya, sambung Andri, pihaknya bergerak cepat memburu Is sebagai pengendali. Is akhirnya ditangkap di rumahnya di Pekanbaru.

”Tersangka Y berperan sebagai kurir, sedangkan Is berperan sebagai pengendalinya. Di atas Is tentu masih ada lagi. Ini yang akan kami ungkap," pungkas Andri. ***

Berita ini telah terbit di detik.com dengan judul "Anak Singa-Leopard Diselundupkan di 'Pelabuhan Tikus' Dumai Riau"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Dumai, Hukrim
wwwwww