Ketua Umum PB HMI Periode 1963-1966 Sulastomo Wafat di Usia 80 Tahun

Ketua Umum PB HMI Periode 1963-1966 Sulastomo Wafat di Usia 80 Tahun

Tiga mantan Ketua Umum PB HMI; (Dari kiri ke kanan) Sulastomo, Anas Urbaningrum, dan Akbar Tanjung saat Munas KAHMI di Riau, 30 November 2012. (INTERNET)

Jum'at, 13 Desember 2019 13:22 WIB
POTRETNEWS.com — Keluarga Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) sedang berduka. Senior mereka yang pernah menjabat ketua umum (ketum) PB, Sulastomo meninggal dunia di usia 80 tahun. ”Telah berpulang ke rahmatullah Mas Sulastomo, Ketua Umum PB HMI 1963-1966," ungkap eks Ketum PB HMI Arief Rosyid kepada wartawan, Jumat (13/12/2019).

Sulastomo meninggal dunia di RS Mayapada pukul 11.04 WIB tadi. Almarhum akan disemayamkan di rumah duka yang berada di Perumahan Megapolitan Cinere, Depok.

”Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kekuatan, kesabaran dan keikhlasan dalam menerima takdir ini," kata Arief."Semoga almarhum Mas Tom diampuni segala dosa dan kesalahannya serta diterima dan dilipatgandakan pahala seluruh amal ibadahnya serta diberikan tempat terbaik di sisi-Nya," imbuhnya.

Sulastomo dikenal sebagai tokoh HMI yang menjembatani era Orde Lama dengan Orde Baru. Sulastomo pula yang berjasa mempertahankan eksistensi HMI yang hendak dibubarkan Presiden Pertama RI, Soekarno.

Saat itu, kira-kira tahun 1966, HMI sempat dicap sebagai organisasi yang antirevolusi. Tahun itu, Partai Komunis Indonesia (PKI) sedang kuat-kuatnya. Ketua Umum PKI Dipa Nusantara Aidit bahkan terang-terangan ingin HMI dibubarkan. ***

Berita ini telah terbit di detik.com dengan judul "Mantan Ketum PB HMI Sulastomo Meninggal Dunia"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa
wwwwww