Home > Berita > Umum

Masyarakat Semakin Cerdas, Ini yang Harus Dimiliki Seorang Wartawan

Masyarakat Semakin Cerdas, Ini yang Harus Dimiliki Seorang Wartawan

Suasana ”media gathering” se-Kota Depok, Kamis (28/11/2019).

Jum'at, 29 November 2019 10:19 WIB
Roni/Muhammad Amin

DEPOK, POTRETNEWS.com — Media massa berperan penting dalam penyampaian informasi kepada masyarakat yang semakin cerdas seiring berkembangnya teknologi digital.

Oleh karenanya, para wartawan profesional harus terus mengembangkan diri dan mengasah kemampuan lebih dalam lagi lewat penyajian berita berkualitas

Pesan itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono, Kamis (28/11/2019) di Restoran Godong Ijo, Depok.

Dia mengemukakan hal tersebut di hadapan sejumlah wartawan peserta media gathering se-Kota Depok yang digelar dalam rangka meningkatkan optimalisasi dan sinergitas jurnalis bersama forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) dan instansi yang dipimpinnya.

Sidik mengatakan, jika merujuk pada arahan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, alat ukur profesionalitas perusahaan pers dan wartawan, yaitu memiliki sertifikat. Kalau perusahaan pers diuji lewat verifikasi administrasi dan faktual, sementara wartawannya melalui uji kompetensi wartawan/jurnalis (UKW/UKJ).

”Dewan Pers sudah mewanti-wanti terkait penggunaan anggaran pemerintah baik pusat atau daerah, harus digunakan pada media yang berstandar perusahaan pers. Hal ini perlu disampaikan, karena semua anggaran akan diaudit oleh Dewan Pers,” paparnya.

Masih dalam sambutannya Sidik menyebut, acara yang digagas Diskominfo Kota Depok itu merupakan kali ketiga yang diselenggarakan sejak dia menjabat.

”Sejak saya menjadi Kepala Diskominfo di Kota Depok, tahun 2017 (acara media gathering) yang pertama di akhir tahun 2017, yang kedua tahun 2018 dan sekarang di akhir tahun 2019. Mudah-mudahan acara seperti ini akan selalu ada dan dipertahankan karena memang kita memang butuh suasana dialogis seperti ini dalam rangka untuk selain silaturahmi juga juga untuk serap aspirasi tentunya," ujarnya.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0508/Depok Kapten (Inf) Ibrahim yang mewakili Dandim 05/08 Kolonel (Inf) Agus Isrok Mikroj mengaku senang dan bangga bisa bersinergi dengan wartawan.

”Kami mengapresiasi pekerjaan wartawan yang selalu hadir dalam setiap kegiatan TMMD serta kegiatan-kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh Kodim 0508/Depok,” ucapnya.

Pada kesempatan itu dia juga menjelaskan tugas TNI sesuai Pasal 7 ayat (2) dan ayat (3) Undang-Undang No 34 Tahun 2004 mengenai pemisahan tugas pokok TNI melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta pelaksanaan Operasi Militer Selain Perang. ***

Kategori : Umum
wwwwww