PotretNews.com Selasa 10 Desember 2019
Home >  Berita >  Siak

Sambut Baik Ranperda Inisiatif DPRD, Bupati Alfedri: Koperasi Syariah Sudah Ada sejak Zaman Sultan Siak

Sambut Baik Ranperda Inisiatif DPRD, Bupati Alfedri: Koperasi Syariah Sudah Ada sejak Zaman Sultan Siak

Siak Bupati Alfedri.

Rabu, 27 November 2019 12:26 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kabupaten Siak menyambut baik rancangan peraturan daerah (ranperda) usulan inisiatif DPRD setempat tentang koperasi syariah.

Bupati Alfedri menyebut, koperasi syariah sebenarnya bukan hal baru di daerah itu. Sebab, sejak zaman kesultanan Siak Sri Indrapura, sudah berkembang.

”Secara bertahap akan kita giring semua koperasi agar berbasis syariah. Untuk tahap awal, dari 178 koperasi yang ada di Siak, 50 antaranya akan menjadi koperasi syariah tahun 2020,” kata Alfedri kepada potretnews.com, Rabu (27/11/2019).

Pada dasarnya koperasi syariah ini sama dengan koperasi pada umumnya. Hanya saja, kata Alfedri, di sini tidak akan ditemukan praktik riba yang sejatinya dilarang oleh agama.

”Sama. Koperasi syariah ini juga konsepnya tetap simpan pinjam atau pembiayaan. Namun, bedanya tak berbunga. Berapa kita pinjam, segitu dibayar,” ujarnya.

Belum lama ini, sebut Alfedri, Dewan Koperasi Syariah Nasional juga sudah datang ke Kabupaten Siak membahas soal tadi. Dan rencananya, awal Desember nanti Koperasi Rimba Mutiara di Kecamatan Kotogasib, menjadi koperasi pertama yang ”dihijrahkan” ke syariah.

”Koperasi Rimba Mutiara pertama. Setelah itu, akan menyusul 50 koperasi lainnya di tahun depan. Kira berharap ini dapat membantu perekonomian masyarakat miskin,” pungkasnya. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Siak, Pemerintahan
Loading...
www www