Home > Berita > Inhil

Pramuka di Buper Raja Musa Sungaiguntung Inhil Hujan-Hujanan, Junaidi Ismail Acungkan Jempol

Pramuka di Buper Raja Musa Sungaiguntung Inhil Hujan-Hujanan, Junaidi Ismail Acungkan Jempol
Jum'at, 22 November 2019 10:23 WIB
SUNGAIGUNTUNG, POTRETMEWS.com — Perkemahan Terpadu yang berlangsung di Sungaiguntung 21-24 November 2019 diwarnai hujan deras. Ketua Kwartir Cabang Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Junaidi Ismail mengacungkan jempol untuk peserta yang tidak luntur semangatnya meski harus hujan-hujanan. Terlihat para Pramuka muda tetap antusias mengikuti lomba-lomba yang dilaksanakan oleh panitia Kwaran Kateman di Bumi Perkemahan(Buper) Raja Musa yang berada di wilayah Utara Indragiri Hilir(Inhil).

Perkemahan Terpadu diikuti Kwaran Mandah, Kwaran Teluk Belengkong, Kwaran Pelangiran, Kwaran Pulau Burung serta tuan rumah.

Menurut Junaidi Ismail, sedikitnya 1200 peserta hadir di perkemahan yang berasal dari setiap gugus depan (gudep) yang berpangkalan di setiap sekolah-sekolah yang berada di setiap kwaran/kecamatan wilayah Utara Inhil.

”Melalui Perkemahan Terpadu ini saya bersama para pembina, andalan cabang dan ranting serta para pelatih pembina Pramuka menekankan pembelajaran disiplin terhadap peserta didik agar mereka lebih mandiri dan menumbuhkan jiwa sosial, peduli terhadap sesama peserta dan lebih peka terhadap lingkungan di mana mereka berada nantinya,” ujar Junaidi Ismail yang juga sebagai Kadisporabudpar Inhil.

Dia berpendapat, Perkemahan Terpadu akan menjadi agenda rutin Kwarcab Inhil yang tahun berikutnya akan digelar di kwaran lain di wilayah Utara Inhil.

”Semoga kegiatan ini dapat membentuk karakter muda yang bertanggung jawab serta dapat di percaya di masa ini dan yang akan datang,” tandas Junaidi.

Kegiatan yang dipertandingkan yakni; lomba cerdas tangkas, lomba tali temali, lomba pionering, lomba pentas seni, lomba baris berbaris, lomba hiking penggalang, dan lomba lintas alam penegak.

Adapun tim juri lomba berasal dari andalan cabang (ancab) Inhil dari Tembilahan. Mereka yang berkesempatan hadir antara lain; Kak Zulkarnaen(Sekretaris Kwarcab inhil), Kak Kamsul Arifin (Sekretaris Pusdiklat inhil), Raja Darwis, Darwisman SSos, Arafah Karim, Abd Rahman, Lovita Budyanto, Fauzan Basri, Saifi, Irhamna, dan dari Anggota Dewan Kerja Cabang Inhil.

Penggalang dan penegak yang menjadi peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap lomba. Mereka tidak ingin ketinggalan dalam setiap perlombaan. Namun lomba bukanlah tujuan utama mereka melainkan terjalinnya kebersamaan saling tukar ilmu antarsesama peserta dan bertambahnya teman-teman.

Merekalah membuat kegiatan Perkemahan Terpadu ini meriah. Sedangkan Siaga yang merupakan adik termuda di kepramukaan juga ikut andil dalam kegiatan, meski cuma satu hari yang dinamakan Persari (perkemahan satu hari). Siaga akan berlomba makan kerupuk, mancing botol, lari dalam karung, dan terompah raksasa. ***

Kategori : Inhil, Umum
wwwwww