PotretNews.com Kamis 12 Desember 2019
Home >  Berita >  Siak

Peran Dukun Jadi Isu Hangat Jelang Pilkades Serentak di Siak

Peran Dukun Jadi Isu Hangat Jelang Pilkades Serentak di Siak

Kepala DPMK Siak Yurnalis Basri saat melantik penjabat penghulu di Siak. (ILUSTRASI)

Selasa, 19 November 2019 20:28 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com - Peran tim sukses (timses) sangatlah penting untuk memenangkan pesta demokrasi di berbagai tingkatan baik pemilihan presiden, anggota legislatif bahkan hanya sekelas pemilihan kepala desa (pilkades).

Sudah menjadi rahasia umum, di beberapa daerah, usaha untuk memenangkan kontestasi pemilihan tak cukup hanya mengandalkan timses, tetapi juga andil dukun.

Jelang pemilihan kepala kampung (kades), isu peran spritual juga berkembang di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Daerah berjuluk ”Negeri Istana” itu, bakal melaksanakan pemilihan penghulu kampung secara serentak di 45 kampung di 11 kecamatan pada Rabu (20/11/2019) besok.

Isu tersebut ternyata sampai ke telinga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Siak, Yurnalis Basri. Dia menyebut, agar para calon berpikir secara rasional saja untuk memenangkan kontestasi tersebut.

”Selentingan soal itu ada saya dengar. Tapi berpikir rasional sajalah. Berusaha dan percayalah kepada Allah,” katanya kepada potretnews.com, Selasa (19/11/2019). Namun, Yurnalis tak mau menerka-nerka terlampau jauh soal itu. Dia hanya mengingatkan agar para calon berkontestasi secara sehat.

”Kalau nampak langsung belum pernah. Tapi hal itu bukan tabu lagi. Kendati hanya isu saja,” ujarnya.

Yurnalis juga menyebut, pemilihan serentak ini tak seutuhnya menjadi kewenangan penyelenggara atau panitia pilkades. Melainkan juga perlu partisipasi semua pihak agar kontestasi ini berjalan lancar dan kondusif.

”Jadi semua calon harus bersikap dewasa, dan menghindari praktik provokasi, kampanye hitam, fitnah, serta menebar hoaks,” tandasnya. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Siak, Umum
Loading...
www www