Masyarakatnya Cerdas dan Toleran, Tim Pakem Belum Temukan Aliran Sesat di Siak

Masyarakatnya Cerdas dan Toleran, Tim Pakem Belum Temukan Aliran Sesat di Siak

Suasana Rapat Pembentukan Tim Pakem Kabupaten Siak, di Aula Kantor Kejari Siak, Kecamatan Mempura.

Kamis, 14 November 2019 13:53 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Tingginya toleransi dan meningkatnya pemahaman masyarat Kabupaten Siak bahwa bahwa aliran sesat dan radikalisme melanggar hukum, ternyata berdampak positif bagi daerah itu.

Betapa tidak, sampai saat ini kejaksaan negeri (kejari) setempat belum ada menemukan aliran sesat di sana. Bahkan potensinya juga tak ada karena warganya saling menghargai.

Informasi tersebut Kasi Intel Kejari Siak, Beni Yarbert pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Dalam Masyarakat (Pakem) Kabupaten Siak, Riau, Kamis (14/11/2019).

Rapat ini langsung dipimpin Beni Yarbert selaku wakil ketua tim dan diikuti oleh anggota Kodim 0303 Bengkalis, Badan Kesbangpol Siak, LAMR Siak, Polres Siak, Kemenag Siak serta tokoh agama dan masyarakat Kabupaten Siak.

Beni mengatakan, pembentukan tim sesuai dengan amanat Jaksa Agung RI Nomor 5 Tahun 2019 dan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan, agar setiap kejaksaan (kejati/kejari) membentuk tim Pakem yang bertugas untuk mencegah masuknya aliran sesat ke daerah.

"Jadi bukan hanya di Siak saja. Tapi perintah itu berlaku bagi seluruh Kejati dan Kejari di Indonesia," kata Beni kepada potretnews.com.

Selain berfokus pada upaya mencegah masuknya aliran sesat, tugas tim ini juga untuk mengawasi aliran keagamaan yang ada di Kabupaten Siak.

Pencegahan perlu dilakukan bukan hanya untuk menangkal dampak ajaran sesat, tapi juga potensi konflik berupa benturan dengan masyarakat.

"Jadi cara kerja kita pendekatan secara person ke masyarakat. Dalam tim ini kan lengkap. Ada juga Intel kepolisan dan TNI, jadi sumber informasinya dari mereka, dan Kemenag dan tokoh agama melakukan pendekatan," ujarnya.

Meski belum menemukan aliran sesat di Sak, Beni memastikan pihaknya tak akan lenggah dan tetap memantau. ***

Kategori : Hukrim, Siak
wwwwww