PotretNews.com Kamis 12 Desember 2019
Home >  Berita >  Rohul

Menyamar Jadi Polisi yang Bertugas di Riau, Pria Ini Berhasil Tipu Bu Guru di Kota Salak

Menyamar Jadi Polisi yang Bertugas di Riau, Pria Ini Berhasil Tipu Bu Guru di Kota Salak

Gambar hanya ilustrasi. (INTERNET)

Selasa, 12 November 2019 21:16 WIB

PADANGSIDIMPUAN, POTRETNEWS.com – Pria berinisial EH alias And tak berkuktik saat personel Satreskrim Polres Padangsidimpuan menangkapnya, Senin (11/11/2019).

Warga Kecamatan Rokan Hulu, Riau itu terjerat kasus penipuan.

Tak main-main, And menyaru jadi polisi untuk melancarkan aksi tipu menipunya. Korban yang terperdaya rela memberikan uang, berkat bujuk rayunya.

1. Mengaku tugas di Polda Riau dan berhasil tipu ibu guru di Kota Padangsidimpuan

Setelah tertangkap, And mengaku jika dirinya hanyalah seorang petani. Laki-laki 40 tahun itu berhasil menipu seorang guru di Padangsidimpuan berinisial DNT, 32. Saat menyamar jadi polisi, Andre mengaku bertugas di Polda Riau.

”Penipuan ini berawal saat korban dan pelaku berkenalan di Facebook pada Agustus lalu. Kepada korban, pelaku mengaku sebagai anggota polisi bertugas di Polda Riau," sebut Kapolres Padang Sidimpuan, AKBP Hilman Wijaya, Selasa (12/11).

2. Minta uang dengan alasan untuk biaya operasi Setelah lama berkenalan, pelaku melancarkan modusnya.

Dia mengaku sakit dan meminta biaya perobatan kepada korban. Karena bujuk rayu yang aduhai, korban pun mau . "Karena merasa percaya dan tidak ada rasa curiga ditambah facebook-nya, ada mengunggah foto lambang Polri dan nada bicaranya bergaya seperti polisi, korban pun yakin begitu saja" ujar Hilman.

Dalam percakapannya dengan korban, And mengaku akan secepatnya mengganti uang itu. Pada 24 Agustus 2019 sekira pukul 14.55 Wib korban mengirimkan uang Rp3 jJuta. Tiga hari berselang, korban kembali termakan rayuan dan kembali mengirimkan uang Rp5 juta.

”Tapi setelah beberapa bulan uang itu tidak pernah dikembalikan. Bahkan pelaku tidak bisa dihubungi," ungkapnya.

3. Bahkan ada korban asal Bekasi Awal November, korban menghubungi nomor korban.

Saat itu kebetulan sedang aktif. Keduanya bersepakat bertemu di Tugu Salak, Senin (11/11). ”Saat bertemu, petugas kita langsung meringkus pelaku,” tukas Hilman. Dalam kasus ini, pelaku terancam hukuman penjara.

Dari tersangka, polisi menyita barang bukti, di antaranya dua unit HP, kartu ATM dan bukti transfer sejumlah uang dari korban. Dalam kasus ini, pelaku juga memakan korban perempuan asal Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kerugian ditaksir mencapai Rp14 Juta. Kepolisian masih terus melakukan pemeriksaan untuk menelusuri kasus ini lebih jauh.

Berita ini telah tayang di sumut.idntimes.com dengan judul "Ditipu Pria yang Menyamar Jadi Polisi, Uang Bu Guru di Sidimpuan Raib"

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Rohul, Hukrim
Loading...
www www