Tahun Depan, Pemerintah Kampung di Siak Layani Warganya dengan Aplikasi Online

Tahun Depan, Pemerintah Kampung di Siak Layani Warganya dengan Aplikasi <i>Online</i>

Asisten I Setdakab Siak, Leonardus Budhi Yuwono (tengah).

Sabtu, 09 November 2019 17:25 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Provinsi Riau terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik hingga ke kampung-kampung lewat program Smart Kampung. Program berbasis android itu diadopsi dari Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur.

"Aplikasi ini bisa di-download oleh siapa saja. Insya Allah akan diterapkan tahun 2020 mendatang," kata Asisten I Setdakab Siak, Leonardus Budhi Yuwono kepada potretnews.com melalui telepon seluler, Sabtu (9/11/2019).

Aplikasi ini terkoneksi ke seluruh kampung/kelurahan, kecamatan, dan dinas/badan. Smart Kampung  berfungsi untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi dan pelayanan hanya dengan sentuhan digital.

"Masyarakat juga bisa melihat langsung progres infrastruktur yang dibangun setiap kampung, Secara teknis fungsi aplikasi ini belum bisa saya jelaskan semua.  Mungkin setelah diterapkan nanti baru bisa saya sampaikan apa-apa saja kegunaannya," ucapnya.

Program tersebut juga untuk mendorong setiap kampung agar dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan.

"Kita kerja sama dengan Banyuwangi, karena di sana sudah sukses menerapkannya. Jadi nanti kita satu aplikasi dengan Banyuwangi. Masyarat Siak juga bisa nanti melihat bagimana kinerja pemerintah kampung di sana, begitu pula dengan masyarakat Banyuwangi," ujarnya.

Untuk memantapkan kerja sama itu, tanggal 23-34 November ini, enam programmer yang direkrut Diskominfo Siak tahun 2019 ini bakal training ke sana selama dua pekan.

"Training-nya tak bayar, cuma akomodasi kita tanggung. Mereka ditrainingkan lantaran program aplikasi akan beda. Misal nama kampung dan kecamatan. Maka itu mereka belajar ke sana," pungkasnya. ***

Kategori : Pemerintahan, Siak
wwwwww